Mohon tunggu...
Jadid Abrar
Jadid Abrar Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya memiliki hobi untuk menulis dan saya hobi denga traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Non Formal: Sebuah Langkah Menuju Kemandirian

26 Oktober 2024   20:24 Diperbarui: 26 Oktober 2024   20:47 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

By:M Rehan Alfirdaus(23005077)

Pendidikan non-formal telah muncul sebagai alternatif penting dalam sistem pendidikan di Indonesia, terutama dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Dalam banyak kasus, pendidikan formal tidak dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan akses. Oleh karena itu, pendidikan non-formal berperan sebagai jembatan yang menghubungkan individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui program-program yang dirancang dengan baik, pendidikan non-formal tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis tetapi juga membangun kesadaran sosial dan menciptakan peluang ekonomi. Dengan demikian, membahas bagaimana pendidikan non-formal memberdayakan masyarakat melalui tiga aspek utama: peningkatan keterampilan, pengembangan kesadaran sosial, dan penciptaan peluang ekonomi.

Peningkatan Keterampilan

Salah satu aspek paling signifikan dari pendidikan non-formal adalah kemampuannya untuk meningkatkan keterampilan individu. Program-program pelatihan yang ditawarkan dalam pendidikan non-formal sering kali disesuaikan dengan kebutuhan spesifik masyarakat. Misalnya, di daerah pedesaan, pelatihan keterampilan seperti menjahit, pertanian organik, dan kerajinan tangan dapat membantu masyarakat meningkatkan pendapatan mereka. Menurut Miarso (2011), "Pendidikan non-formal memberikan fleksibilitas yang memungkinkan individu untuk belajar sesuai dengan waktu dan kebutuhan mereka."

Contoh konkret dari keberhasilan program ini dapat dilihat dalam inisiatif pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM). Di Indonesia, LSM seperti Yayasan Mitra Mandiri telah melaksanakan program pelatihan bagi perempuan di daerah pedesaan untuk belajar menjahit. Hasilnya, banyak dari mereka yang berhasil membuka usaha kecil dan meningkatkan taraf hidup keluarga mereka. Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Yayasan Mitra Mandiri, "Pendidikan adalah jalan untuk memberdayakan perempuan agar mandiri dan berkontribusi pada ekonomi keluarga." Dengan keterampilan yang diperoleh, mereka tidak hanya menjadi lebih mandiri tetapi juga berperan aktif dalam perekonomian lokal.

Pengembangan Kesadaran Sosial

Selain peningkatan keterampilan, pendidikan non-formal juga berperan penting dalam pengembangan kesadaran sosial masyarakat. Program-program yang mengedukasi tentang isu-isu sosial seperti kesehatan, lingkungan, dan hak asasi manusia membantu individu menjadi lebih peka terhadap kondisi di sekitarnya. Hidayati dan Sari (2020) menyatakan bahwa "Kesadaran sosial yang tinggi akan mendorong individu untuk terlibat aktif dalam perubahan sosial." Dengan pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu tersebut, masyarakat dapat bersatu untuk menciptakan solusi yang efektif.

Contoh konkret dari pengembangan kesadaran sosial dapat ditemukan dalam program-program pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh berbagai organisasi. Misalnya, program pelatihan tentang pengelolaan sampah di komunitas dapat membantu masyarakat memahami pentingnya menjaga lingkungan. Ketika individu memahami dampak dari limbah plastik terhadap kesehatan dan lingkungan, mereka akan lebih termotivasi untuk mengubah perilaku mereka. Hal ini terlihat dalam proyek "Zero Waste" yang dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia, di mana masyarakat diajarkan cara mengelola sampah dengan baik. Proyek ini tidak hanya meningkatkan kesadaran tetapi juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Penciptaan lingkungan ekonomi

Pendidikan non-formal juga memiliki peranan penting dalam menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat. Dengan memberikan akses ke informasi pasar dan pelatihan kewirausahaan, pendidikan non-formal membantu individu untuk memulai usaha kecil atau meningkatkan usaha yang sudah ada. Setiawan (2022) menjelaskan bahwa "Pendidikan non-formal dapat menjadi jembatan antara pengetahuan dan praktik yang diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja." Melalui program-program ini, individu tidak hanya belajar bagaimana menjalankan bisnis tetapi juga mendapatkan pemahaman tentang manajemen keuangan dan pemasaran.

Salah satu contoh sukses dari penciptaan peluang ekonomi melalui pendidikan non-formal adalah program kewirausahaan yang dijalankan oleh pemerintah daerah di beberapa wilayah. Program ini memberikan pelatihan kepada calon wirausahawan tentang cara membuat rencana bisnis dan strategi pemasaran. Banyak peserta yang berhasil mendirikan usaha kecil setelah mengikuti pelatihan ini, dan beberapa bahkan berhasil menembus pasar internasional. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta pelatihan, "Saya tidak pernah membayangkan bisa memiliki usaha sendiri. Pelatihan ini membuka mata saya tentang peluang yang ada."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun