Internet marketing sebenarnya merupakan perkembangan atau dinamisasi dari dunia marketing itu sendiri. Dunia marketing ini akan terus ada dan tidak akan ada matinya. Selama manusia melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya, selama itu pula marketing akan dibutuhkan dan digunakan. Dunia marketing terus berubah mengikuti perkembangan jaman, seolah tak pernah mau berhenti di satu titik, ia (marketing) begitu pandai bertransformasi dengan perkembangan jaman.
Pekembangan dunia internet telah menciptakan satu seni baru dari marketing, yaitu internet marketing. Simpelnya internet marketing adalah seni memasarkan sesuatu dengan menggunakan media internet. Meski agak disayangkan kini terjadi penyempitan makna dari internet marketing menjadi bisnis online. Seolah-olah internet marketing sama dengan bisnis online itu sendiri, kemudian citra internet marketing menjadi semakin buruk dengan banyaknya tawaran atau iklan-iklan bombastis bisnis online yang mengklaim bisa membuat pelakunya kaya mendadak. Banyak pelaku bisnis online professional (yang menjalankan bisnis dengan cara yang benar) mengeluhkan iklan-iklan tawaran bisnis online yang bernada bombastis justru merusak image bisnis online itu sendiri. Namun yang kini bisa diharapkan hanyalah kejelian dan rasionalitas semua orang dalam menyikapi tawaran-tawaran semacam itu. Jadi, sebenarnya internet marketing jauh lebih luas dari bisnis online, bisnis online adalah bagian dari internet marketing itu sendiri.
Internet marketing, diakui atau tidak telah membuat revolusi besar dalam dunia marketing. Keunggulan internet yang bisa menjangkau wilayah di seluruh dunia telah membuka celah pasar yang besar pula. Bagaimana tidak, dengan internet marketing seorang pelaku bisnis bisa menawarkan produknya ke seluruh dunia, dengan internet marketing seorang pelaku bisnis bisa menawarkan produknya ke semua orang di planet ini yang terhubung dengan internet. Jadi, dalam kacamata bisnis ini adalah peluang yang benar-benar menggiurkan. Maka sekarang banyak kita lihat iklan-iklan lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahan besar yang mencantumkan syarat bagi pelamarnya untuk bisa menggunakan koneksi internet, bahkan lebih khusus mengerti internet marketing.
Menurut Anne Ahira, CEO dan pendiri AsianBrain IMC, sebuah sekolah internet marketing, bahwa untuk belajar internet marketing harus komprehensif, tidak bisa sepotong-sepotong. Pembelajaran ini memerlukan materi yang terstruktur, karena ia menyakini bahwa internet marketing adalah sub bidang ilmu tersendiri. Kepada membernya yang berjumlah puluhan ribu orang, Anne Ahira selalu menekankan untuk belajar dengan terurut dan menyeluruh. Ia memprediksi bahwa di tahun-tahun mendatang internet marketing akan banyak dipelajari orang, para ahlinya akan dibutuhkan banyak orang. Jadi yang terpenting, ujarnya, adalah membentuk mindset internet marketing. Dengan begitu diharapkan setiap membernya akan selalu mampu berkreasi dalam dunia dinamis internet marketing itu sendiri.
Jadi, marketing memang ga ada matinya...
J. Alamsyah, Kediri, artikelwirausaha.com
Berbagi tak pernah rugi, silakan menyebarluaskan tulisan ini dengan tidak merubah apapun didalamnya
Lihat tulisan lainnya, silakan klik disini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H