Pembelajaran sejarah sering dianggap mata pelajaran yang membosankan oleh kebanyakan siswa. Tetapi, dengan menerapkan pembelajaran menggunakan model make a match, pengalaman belajar yang diubah lebih menarik dan interaktif dapat memberikan kesan yang menyenangkan dalam pembelajaran di kelas. model pembelajaran make a match ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, tetapi juga membantu untuk memahami dan mengingat informasi penting dengan lebih baik. Seperti model pembelajaran dengan menggunakan game make a match. Game ini digunakan dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kerjasama antara tim. Â Game make a match sendiri merupakan model pembelajaran yang digunakan dengan melibatkan peserta didik dalam dalam aktivitas mencari pasangan kartu yang berisi sebuah pertanyaan dan sebuah yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari. Dalam konteks pembelajaran sejarah, kartu tersebut dapat berisi tentang peristiwa, nama tokoh, ataupun tanggal penting dalam materi sejarah. Dengan cara yang digunakan inji, peserta didik tidak akan bersifat pasif di dlam kelas, namun akan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Seperti contoh penggunaan game make a match pada materi Perjuangan memepertahankan kemerdekaan Indonesia di SMKN 12 Malang, kelas XI AKL 2. Penerapan game make a match di kelas ini pendidik membentuk 6 kelompok. Tiga kelompok diberikan kertas yang berisikan pertanyaa, sedangkan tiga kelompok yang lain diberi kertas yang berisikan jawaban. Pada saat mulai permainan pendidik memberikan peraturan kepada peserta didik dalam melaksanakan game tersebut. Setelah itu pendidik memberikan aba-aba untuk memulai permainan. Kekuarangan dari game ini adalah ketika sudah berlangsung akan terjadi banyak kegaduhan karena peserta didik berlomba-lomba mencari pasangan masing-masing. kelebihan dari game ini yaitu peserta didik menjadi aktif dan dapat berfikir dengan mencari jawaban yang ada pada kelompok lain. Dengan begitu pendidik harus terus memantau dan mengondisikan peserta didik supaya tidak terjadi kegaduhan yang membuat kelas menjadi sangat tidak kondusif.
Konteks pembelajaran sejarah
Pembelajaran sejarah merupakan salah satu aspek yang penting dalam pendidikaa. Pembelajaran sejarah tidak hanya berfokus pada penghafalan tanggal dan juga peristiwa pada masa lampau. Tetapi juga pada pemahaman dalam konteks sejrah dan dampaknya terhadap kehidupan pada masa kini. Sejarah sendiri mengajarkan kita untuk mengetahui dan memahami perjalanan peradaban manusia pada masa lampau, mengetahui pencapaian, kegagaloan dan juga perubahan yang ada di masyarakat. Dengan mempelajari sejarah kitra dapat mengetahui dan mempelajari bagaimana indentitas suatu bangsa terbentuk dengan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai seperti dalam keadilan, dan persatuan. Pembelajaran sejarah membuat kita untuk berfikir kritis. Â Dengan menganalisis berbagai peritiwa sejarah, yang dapat memberikan kita pemahaman untuk kita dalam mempertanyakan beberapa dampak yang terjadi dalam kehidupan masa kini. Secara keseluruhan, pembelajaran sejarah memberikan pemahaman bahwa bukan hanya mengetahui jeladian paa masa lampau, tetapi juga mengajarkan kita dalam membentuk karakter, meningkatkan pemahaman sisial, dan juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Dengan demikian, amatlah penting bagi kita untuk memiliki kesadaran dalam memahami sejarah dan menjadikan sejarah sebagai bagian penting dalam pendidikan untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik dan sadar akan peristiwa panjang yang dilalui pada masa lampau hingga saat ini.
Tujuan pembelajaran sejarah menggunakan game make a tach yaitu sebagai berikut:
- Meningkatkan keterlibatan peserta didik
- Salah satu kelebihan dari make a match yaitu kemampuannya dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Di kelas XI AKL 2 ini, peserta didik terlihat bahwa peserta didik menunjukkan minat yang tinggi terhadap aktivitas belajar sejarah di dalam kelas
- Pembelajaran kolaboratif
- Hal ini bertujuan untguk memberikan peserta didik kesempatan untuk berdiskusi dan berkomunikasi dengan baik  dengan para anggota kelompok
- Peningkatan hasil belajar
- Dengan menggunakan game make a match ini dapat meningkatkan hasil belajar perserta didik kelas XI AKL 2 dalam pembelajaran sejarah.Â
Secara keseluruhan pembelajaran menggunakan model pembelajaran game make a match dapat meningkatkan mtivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Membuat peserta didik mampu memahami materi sejarah dengan baik, dengan menggunakan game make a match ini dapat men ingkatkan nilai dan motivasi belajar sejarah supaya tidak membosankan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI