Mohon tunggu...
Izza AlviNur
Izza AlviNur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama : Izza Alvi Nur

Mahasiswi Perbankan Syariah UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Berdiri Tegar Tanpa Mengeluh

1 Juni 2022   06:47 Diperbarui: 1 Juni 2022   06:50 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Halo gais! Balik lagi nih di artikelku. Gimana udah nunggu ya?

Aku mau cerita sedikit nih tentang kemarin. Kemarin itu aku ke kota jalan-jalan aja si. Terus aku sempet beli jajanan yang di pinggir jalan itu. Aku beli cilor, pas aku beli cilor ga sengaja nih ketemu anak kecil gitu, kayaknya sih anak SMP ya. Kebetulan posisi aku di deket taman kota gitu. Aku perhatiin tuh anak lagi nyapu siang-siang mana panas bangettt.

Setelah cilor aku udah jadi, aku kepo sama anak itu. Akhirnya aku samperin aja daripada penasaran kan. Mumpung ada kesempatan sekalian aku tanya-tanya santai sambil di pinggir jalan gitu.                      Namanya Diana, kelas 1 SMA ternyata, wahh dugaanku yang awal salah ternyata,beda tipis lah ya hehe.

Jadi, Diana ini anak pertama dari 2 bersaudara, dia punya adek lagi satu namanya putra. Adeknya masih kelas 5 SD. Ternyata Diana ini nyapu disini pas kalau ga offline. Kebetulan sekolahnya masih hybrid.

Yang bikin aku kagum lagi Diana disini bantu ayahnya lo. Bayangin aja di umur yang udah masuk SMA masih mau bantu ayahnya kerja jadi petugas kebersihan. Salut banget si, tanpa rasa malu dia bantu ayahnya buat bersih-bersih. Padahal diluar sana temen-temennya pasti main,jalan-jalan bahkan udah ada yang mulai jatuh cinta-cintaan gitu.

Terus aku tanya juga dia bekel sehari sekolah itu berapa. dia bekel sekolah itu 15.000 gais, 5000 nya pake transportasi pulang-pergi, kebetulan dia naik angkot buat pergi ke sekolah. Terus 5000 nya pake jajan. 5000 nya lagi di tabung. Bayangin deh dia sempet-sempetin buat nabung, dan tabungannya di tarok di celengan yang bentuk ayam katanya. Dibukanya setahun sekali. Hebat banget lo.

Diana ini udah pinter banget ngatur keuangan, dia ga jajan sembarangan, tapi dia rutin konsisten buat nabung sedikit demi sedikit. Tahun lalu dia bisa buka celengan dan alhamdulillah dapet 1.000.000 rupiah. Uang yang dia kumpulin selama setaun itu dia belikan kalung. Kalungnya ga di pake keluar tapi dia simpen di rumah. Wahh dia udah belajar investasi sejak dini, dia ga mentingin ego atau ngikutin gaya temen-temennya. Di jaman sekarang jarang banget ketemu orang kayak Diana ini lo. Iya kan?

Ternyata adeknya Diana yang namanya Putra ini juga bantu ayahnya bersih-bersih jadi petugas kebersihan lo sama seperti kakaknya. Jadi mereka gantian buat bantuin ayahnya. Putra anak kelas 5 SD, laki-laki tapi mau bantu ayahnya kerja di pinggir jalan. Ga malu sama temen-temennya, padahal temen-temennya pasti lagi keliaran main ps atau bola dll.

Setelah Diana pulang ternyata mereka masih bantu bersih-bersih di rumah, kayak ngepel, cuci baju, setrika gitu. Kalau masak katanya ibunya yang udah masak dari pagi. Kalau sore hari ternyata Diana ini jual gorengan di depan rumahnya. Ibunya yang masak gorengan Diana yang jualin gorengannya. Dia jual pisang goreng, lumpiang, tahu isi. Di jual 1000 satu. banyak yang beli karena anak-anak habis main pasti beli gorengan katanya. Dia mulai jualan dari jam 4 sore sampe sehabisnya. Ibunya kerja jadi asisten rumah tangga dari pagi sampai siang. sedangkan bapaknya kerja jadi petugas kebersihan. Tapi Diana ga pernah malu dan selalu bangga dengan orang tuanya. Orang tuanya yang gajinya pas-pas an bisa menyekolahkan kedua anaknya. Sosok orang tua yang luar biasa yang bisa melahirkan dan mendidik anak-anaknya dengan luar biasa. Diana dan Putra ini anak-anak yang baik sekali, dia berbicara dengan saya dengan penuh kecerian padahal saya tau sekali bahwa di balik itu dia pingin seperti teman-temannya yang lain, yang bisa bermain, keluar jalan-jalan tanpa harus bekerja keras dulu.

Diana juga baru kelas 1 SMA, dan kalian tau dia masih pake sepatu dan tas yang sama seperti SMP dulu. Diana kamu hebat! Aku yakin suatu saat kamu bisa sukses karena kamu sangat pekerja keras!. Saya senang sekali bisa bertemu seorang seperti Diana yang membagikan kisah hidupnya dengan saya. Dari Diana mar kita belajar bahwa banyak sekali hal yang harus kita syukuri. Kita bisa belajar dengan tenang, bisa bermain keluar tanpa memikirkan hal yg lain-lain itu hal yang harus kita syukuri sekali. Diana adalah anak remaja yang sangat cocok untuk dijadikan contoh. Kita harusnya jadi diri sendiri, tidak ikut-ikutan dengan teman-teman, tidak malu dengan apa yang kita lakukan selama itu benar buat apa malu?.

Gais, gimana? Udah tersentuh dengan kisah hidup Diana? Terharu banget pasti ya. Senang bisa bertemu Diana walaupun cuma sebentar dan secara tidak kebetulan. Emang udah jodoh ketemu Diana nih hehe. Mulai sekarang ayo kita banyak-banyak bersyukur karena banyak yang ingin di posisi seperti kita. Mulai sekarang jangan selalu liat keatas, ayo liat kebawah dan banyak bersyukur. Liat ke atas boleh hanya untuk di jadikan motivasi bahwa kita bisa meraihnya. Seru bisa berkenalan dengan Diana. Kalian pasti pernah juga kan ga sengaja berbicara dengan orang yang mempunyai kisah hidup berbeda dengan kita? Disitu pasti terharu kan. Yuk kita harus berempati dengan orang sekitar kita. Dengan diajak ngobrol aja mereka udah seneng lo, mereka tidak merasa di beda-bedakan. Ingat kita itu sama ya gais!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun