Mohon tunggu...
Izza Hafizhu
Izza Hafizhu Mohon Tunggu... Editor - Teknologi Informasi

I Appreciate whatever I have, getting it isn't easy

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yang Bikin Geregetan di Kampung Inggris

15 Mei 2023   19:51 Diperbarui: 15 Mei 2023   20:19 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Personal Collection

Bahasa Inggris. Bahasa Inggris itu penting. Setidaknya itu yang membuatku ingin mempelajarinya di Pare. Jatuh cinta pertama kali dengan bahasa Inggris di Senior High School pesantren modern. 2 bahasa yang harus dikuasai Arab dan Inggris merasa bahasa Inggris kok susah dibandingkan dengan bahasa Arab,  tidak pernah kursus bahasa Inggris di usiaku yang masih duduk di Sekolah Dasar atau pun Menengah Pertama. 

Ada mata pelajaran bahasa Inggris tapi bagiku kurang menarik, apa mungkin aku tinggal di kampung? Yaa  Aku tinggal di kampung sangat jauh beda dengan orang-orang di kota yang sangat peduli dengan Pendidikan. Di pesantren selama 3 tahun Inggris ku biasa-biasa aja hanya menguasai vocabulary yang digunakan sehari-hari.

Tahun dimana aku sudah masuk universitas, makin lupa dengan bahasa Inggris. Semester 1 ada mata kuliah bahasa Inggris harus buat Makalah dan Presentasi dalam bahasa Inggris, pasti tau kan yaa dimana kalau ada tugas kelompok pasti ada yang malas dalam mengerjakan tugas, ya akhirnya terpaksa ngerjain tugas sendirian disitu aku mulai berpikir harus bisa bahasa inggris harus kursus bahasa inggris terkadang ngeliat orang pintar Inggris itu keren banget hmm jadi Insecure. 

Diwaktu luang sempatin untuk nonton YouTube belajar bahasa Inggris, sudah hafal vocabulary tapi tidak ada Partner bicara dan beberapa Aplikasi bahasa Inggris aku download masih juga merasa bingung penggunaannya. bahkan sampe ngefollow akun Istangram kursus Kampung Inggris di Pare.

Setelah ngefollow akun Kampung Inggris membuat aku makin penasaran dengan Kampung Inggris yang berada di Pare, Provinsi Jawa Timur. Dalam beberapa hari ngestalking terus akun-akun yang menjelasin tentang Kampung Inggris. Mungkin diantara kalian tau kalau kita udah browsing tentang sesuatu di satu akun misalnya YouTube pasti kalau buka akun lain seperti Instagram, TikTok itu akan mucul sendiri tentang apa yang udah kita browsing sebelumnya. Nah ini membuat aku makin kepingin kursus langsung ke Kampung Inggris.  

Kursus ke Kampung Inggris ini juga salah satu list yang harus aku tulis dalam Wishlist. Aku tahu di Aceh banyak privat bahasa Inggris dan bahkan juga ada kursus Kampung Inggris di Aceh namanya 'Gampong Inggreh Aceh'. Kursus ini juga dibangun oleh alumni yang pernah belajar di Kampung Inggris di Pare. Tapi tidak tahu kenapa ingin sekali belajar langsung ke Kampung Inggris di Pare dan kepengen merantau ke Pulau Jawa.

Dan ternyata setelah Koas abangku ngerantau ke Pulau Jawa tepat nya Malang, Jawa Timur dan kaget nya abang ku juga kursus bahasa Inggris di Pare selama 1 bulan,  abangku lumayan pintar bahasa Inggris beda banget sama aku. Abangku sudah punya dasar Inggris dia alumni Pesantren Modern dan juga pernah menjadi Ustadz di sekolah nya jadi ya bahasa Inggris nya terlatih terus karna wajib berbahasa di Pesantren, apalagi sekarang Inggris nya udah keren banget kerja nya menggunakan bahasa Inggris. Yang membuat pintar itu sebenarnya dengan terus belajar tanpa henti dan praktik. Disini aku tambah yakin kalau aku harus ke Kampung Inggris juga. Semoga aja orang tua mengizinkan kursus ke Kampung Inggris karena aku tau ini adalah jarak yang jauh.

Jarak jauh ini akan jadi sebuah penghalang besar buat aku sebagai anak cewek. Aku terus membujuk orang tua ku terus berdoa kepada tuhan semoga diberikan kemudahan bagi ku, kadang juga nangis depan orang tua haha karena aku ingin dengan jalan pilihan ku sendiri, satu-satunya yang mendukung aku ya abangku sendiri. Dan selalu meyakinkan orang tua kalau aku bisa walau ini sangat berat karna jauh dengan orag tua, sebenarnya bisa aja kita belajar dimana pun secara otodidak tapi aku orang yang susah paham kalau tidak secara langsung. Dan belajar bahasa inggris ini juga menjadi pendukung untuk jurusan kuliah ku sendiri. Tingkat dasar Inggris aja aku tidak bisa makanya sangat berharap bisa datang ke Kampung Inggris. Dan akhirnya orang tua mengizinkan belajar langsung ke Kampung Inggris.

Aku datang 2 hari terlambat karena Periode belajar di Kampung Inggris setiap tanggal 10 dan 25. Setelah aku berada di Kampung Inggris dan mulai belajar di satu kursus yang termasuk terkenal disitu aku sendiri meras bodoh banget tidak tahu apa-apa haha. Dan yang menjadi masalah besar bagi ku adalah kursus yang aku daftar ini aku rasa hanya untuk orang yang memang udah punya dasar bahkan Intermediate. jadi di kursus ini hanya melatih lagi Public Speaking dan hampir kawan- kawan yang aku jumpai mereka setiap libur Kampus ke Kampung Inggris untuk mengisi waktu libur dengan belajar, wahh keren yaa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Aku yang belum ngerti apa-apa sudah seminggu, sampe aku curhat kepada abang ku dan menyarankan untuk mencari kursus lain yang lebih basic. Langsung daftar kursus di tempat lain yang memang diajarin betul-betul dasar dan Alhamdulillah aku mulai paham. Periode 25 aku masih daftar di kursus yang pertama dengan tingkatan Intermediate wahh parahnya aku makin pusing engga ngerti apa yang di sampaikan karena apa yang dijelasin full bahasa Inggris bahkan disaat Presentasi dalam bahasa Inggris sampe keringat dingin. Dan akhirnya belum selesai masa periode aku udah keluar dari kursus ini.

Setelah keluar dari kursus aku daftar di kursus lain sesuai Rekomendasi kawan yang sudah lama di Pare. Aku daftar sekalian tinggal di Camp biar ada English Area nya, aku ambil dari dasar lagi di kursus ini aku merasa metode yang diajarin bagus mudah dipahami materi nya lengkap. Di kursus ini aku jadi lebih Percaya Diri waktu Presentasi atau tampil di depan kawan-kawan. Setelah Selesai Periode 1 bulan aku dan kawan-kawan tinggal di Kos supaya bisa ambil di kursus lain daftar di kelas Intermediate khusus Public Speaking selama 2 Minggu. Selesai periode kawan-kawan dekat sudah pada pulang dan aku masih harus lanjut untuk 3 bulan kedepan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun