Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan berbagai macam kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan. PMM Kelompok 64 Gelombang 5 melakukan rebranding desain label pada produk UMKM Susu Kedelai dan Telur Asin sesuai dengan permintaan sentra UMKM. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di UMKM Desa Ampeldento ini bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Seiring berkembangnya teknologi, kini pemasaran produk pada bisnis UMKM sudah mulai memasuki dunia pemasaran secara online. Pemanfaatan social media dalam branding memiliki dampak yang signifikan pada proses pekembangan bisnis UMKM. Branding produk melalui social media menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas.
Dalam proses branding melalui media sosial ini tentunya diperlukan adanya campur tangan desain grafis agar dapat menarik perhatian pelanggan. “Sebenarnya saya udah punya label untuk produk kerupuk telur asin tapi kayak agak kurang menarik gitu, jadi saya pengen punya label baru yang desainnya lebih menarik dan kekinian gitu” Ujar Bu Zahroh selaku pengelola bisnis UMKM Telur Asin. Selain itu, pemilik UMKM Susu Kedelai juga meminta bantuan secara langsung pada Mahasiswa PMM kelompok 64 “Saya kurang paham soal pembuatan desain-desain, saya yakin adik-adik ini lebih paham soal pembuatan desain-desain kayak gitu jadi saya serahkan semuanya pada kalian untuk desainnya” Ujarn Pak Yusman.
Proses pembuatan label packaging dilakukan secara langsung bersama sentra UMKM di Balai RW 04 Desa Ampeldento. Hal tersebut dilakukan agar sentra UMKM dapat menyalurkan keinginannya secara langsung, sehingga penjelasan produk pada desain yang dibuat sesuai dengan apa yang mereka mau. Bu Zahroh menyampaikan bahwa ia ingin desainnya menggunakan animasi vector sambil menunjukkan foto kerupuk telur asin miliknya. “Saya pengen gambar kerupuknya ini dijadiin animasi gitu, digambar manual terus dimasukin ke desain ini biar lebih menarik labelnya” Ujarnya.
Hasil desain label baru untuk packaging produk yang dibuat oleh kelompok 64 sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemilik bisnis UMKM. Saat penyerahan sampel label packaging ke rumah UMKM Susu Kedelai dan Telur Asin, mereka memberikan respon puas terhadap hasil label barunya. “wah ini sudah pas dan bagus hasilnya, nanti jangan lupa dikirim ya link desainnya biar nanti kalau saya mau cetak lagi tinggal ngasih link desain ini ke tukang cetaknya” Ujar Yusman selaku pemilik UMKM Susu Kedelai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H