Setahu saya, membuat tulisan yang bisa dikategorikan sebagai iklan, promosi dan sejenisnya, baik secara langsung maupun tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau jasa – adalah tidak diperbolehkan di Kompasiana. Hal ini diatur di Tata Tertib Kompasiana, Ketentuan Konten, 2 g. Silahkan dicek !
Namun aturan ini nampaknya tidak berlaku untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Kompasiana. Kegiatan bertajuk Semarak Ultah Alfamart : Blog & Shop, kerjasama Alfamart dan Kompasiana, menjadi contohnya. Lomba yang terbuka untuk umum ini, hanya mensyaratkan peserta adalah Kompasianer alias anggota Kompasiana. Jadi bagi yang belum menjadi Kompasianer dan ingin mengikuti lomba ini, wajib hukumnya registrasi terlebih dahulu menjadi Kompasianer. Ini mungkin salah satu cara Kompasiana memperbanyak anggotanya.
Kemudian syarat berikutnya - peserta diminta untuk membagikan kisah-kisah “Fun” dan jurus-jurus “Smart” yang bisa berguna saat berbelanja. Sampai titik ini saya berpikir masih netral, karena hanya menulis kisah atau tips saat berbelanja. Berbelanja kan bisa dimana saja. Namun ternyata ada syarat lainnya, yaitu : “ceritakan semua pengalaman Anda tentang belanja dan Alfamart”. Yah, artinya berbelanjanya di Alfamart dong.
Ini artinya peserta harus menulis kisah atau tips saat berbelanja di Alfamart. Peserta sama saja diminta menulis Advertorial atau Blogvertorial tentang Alfamart. Advertorial atau Blogvertorial arti singkatnya adalah iklan. Kalau begitu, boleh dong membuat tulisan iklan di Kompasiana ???
*Tentang apa itu Advertorial dan Blogvertorial secara lebih lengkap silahkan Anda browsing di Om Google
*Sumber tulisan : Semarakkan Ultah Alfamart, SHOP & BLOG by Admin Kompasiana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H