Mohon tunggu...
Izatul Khasanah
Izatul Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi S1 Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Saya Izatul Khasanah, mahasiswi Ekonomi Syariah di IAIN Ponorogo yang memiliki minat tinggi dalam berbagai bidang ekonomi, bisnis dan keuangan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Pemasaran Konsinyasi Home Industry Genuin Leather di Kabupaten Wonogiri

1 Desember 2023   21:44 Diperbarui: 20 Desember 2023   11:15 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Produk Home Industri Genuin Leather Kabupaten Wonogiri 

Home industry atau industri rumahan merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Sektor ini berperan penting dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Satu-satunya home industry di kabupaten wonogiri adalah Genuin Leather yang telah berdiri selama 15 tahun atau sejak tahun 2008. Tepatnya, Genuin Leather berlokasi di Desa Ngagglik Rt 02 Rw 06, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. 

Genuin Leather merupakan usaha yang bergerak di bidang kerajinan kulit sapi berupa dompet kulit dan tas kulit. Namun, banyaknya produk di pasaran yang memiliki kemiripan dengan produk Genuin Leather dan persaingan harga yang menjadi tantangan yang dihadapi oleh Genuin Leather dalam memasarkan produknya secara online. Hal ini disebabkan oleh banyaknya toko online yang menjual produk kerajinan kulit sapi dengan kualitas dan harga yang beragam, mulai dari kualitas rendah hingga tinggi. Toko-toko online menawarkan produk dengan harga murah dan berbagai promo. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang efektif untuk produk Genuin Leather agar dapat sampai di tangan konsumen dengan kualitas dan harga yang tidak memberatkan konsumen.

Maka dari itu, strategi pemasaran yang digunakan oleh Geneun Leather adalah sistem konsinyasi. Istilah konsinyasi merupakan kegiatan penitipan barang dagangan kepada orang atau agen dengan pembayaran kemudian (jual titip). Utoyo Widayat (2017) menjelaskan bahwa penjualan konsinyasi merupakan pengiriman atau penitipan barang dari pemilik ke pihak lain yang bertindak sebagai agen penjualan dengan memberikan komisi. Dalam penjualan konsinyasi, pihak yang memiliki barang disebut pengamanat, sedangkan pihak yang menjual barang tersebut disebut komisioner.

Genuin Leather memiliki pangsa pasar yang cukup luas diberbagai kota di Jawa Timur seperti Magetan, Surabaya dan Malang. Sehingga, dengan menggunakan konsinyasi Genuin Leather akan mengirimkan produknya menggunakan mobil pribadi yang dalam pengirimnya dilakukan dalam satu kali seminggu ke beberapa tempat. Tempat yang dituju ialah toko-toko yang sudah menjadi langganan penitipan barang produk Genuin Leather. Dengan begitu, produk akan diserahkan kepada pihak lain atau pemilik toko untuk dijual, dengan imbalan komisi tertentu.

Pemasaran konsinyasi di anggap efektif dalam penjualan produk Genuin Leather karena dinilai dapat menjangkau konsumen dengan kualitas dan harga terbaik. Genuin Leather sangat mempertahankan kualitas terbaiknya agar dapat memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga konsumen akan kembali membeli. Dari pada itu, penggunaan pemasaran konsinyasi ini digunakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya operasional yang besar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun