MINAT BACA
 DAN
STRATEGI PENUMBUHANNYA
UNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menjadi urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!
Selain itu, ada fakta lagi bahwa 60 juta penduduk Indonesia memiliki gadget, atau urutan kelima dunia terbanyak kepemilikan gadget. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang.
Ironisnya, meski minat baca buku rendah tapi data wearesocial per Januari 2017 mengungkap orang Indonesia bisa menatap layar gadget kurang lebih 9 jam sehari. Tidak heran dalam hal kecerewetan di media sosial orang Indonesia berada di urutan ke 5 dunia.
1. Pengertian Minat Baca dan Faktor Yang Mempengaruhinya
A. Pegertian Minat Baca
Menurut Ginting (2005:30), minat baca adalah perasaan senang yang sangat kuat dalam kegiatan membaca yang membutuhkan stimulus untuk mewujudkannya menjadi suatu kebiasaan. Nah, berdasarkan pendapat dari Ginting tersebut minat baca dapat diartikan sebagai kemauan yang tinggi pada diri sendiri untuk membaca.
Selain Ginting, Harlock juga berpendapat bahwa minat adalah sebuah motivasi yang membuat seseorang melakukan kegiatan yang diinginkan.
Sementara, dalam KBBI minat diartikan sebagai kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu.
Jadi, menurut beberapa pendapat yang sudah diungkapkan diatas, dapat disimpulkan bahwa minat baca ini adalah timbulnya perasaan senang dan minat yang kuat yang mendorong individu untuk terlibat dalam kegiatan membaca sesuai dengan keinginannya. Setelah itu, ada upaya berulang untuk terlibat dalam aktivitas itu.
B. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca
Ada 2 faktor yang mempengaruhi minat baca, diantaranya adalah:
1) Faktor Internal
Faktor internal umumnya mencakup perasaan tentang persepsi, motif, dan aktivitas membaca individu.
2) Faktor Eksternal
Faktor eksternal berkaitan dengan lingkungan, kemudian akses buku, ketersediaan sarana dan prasarana, perkembangan teknologi, bahkan jumlah pembaca.
2. Strategi penumbuhan minat baca
Strategi dalam penumbuhan minat baca sangatlah beragam, dan bisa dibangun dari beberapa jalur. Jalur-jalur ini bisa melakukan kegiatan sesuai dengan kapasitas dan bidangnya masing masing untuk menumbuhkan minat baca tersebut di lingkungannya masing-masing. Jalur-jalur yang dimaksud ini sebagai berikut:
1) Jalur Keluarga
a) Menyelenggarakan perpustakaaan keluarga
b) Pengenalan membaca sejak usia dini
c) Biasakan untuk menanyakan kepada anak-anak pada saat pulang sekolah, tentang pelajaran apa yang dierikan guru, bahan bacaan apa yang diberikan di perpustaan sekolah, dan lain-lain.
2) Jalur masyarakat
a) Menyelenggarakan perpustakaan atau taman bacaan di lingkungan masing-masing, yaitu lingkungan RT/RW, Desa/Kelurahan, dan Kecamatan.
b) Para pemimpin seperti camat, lurah, ketua RT/RW, ketua PKK mereka harus menjadi contoh seorang pembaca aktif bagi warganya.
3) Jalur pendidikan
a) Semua sekolah sudah seharusnya menyelenggarakan perpustakaan secara professional.
b) Kepala sekolah secara aktif menjadi pendukung utama terselenggaranya perpustakaan.
c) Mewajibkan siswa membaca setiap hari minimal 15 menit
d) Membimbing untuk selalu berkunjung ke perpustaan dan melakukan kegiatan membaca.
Dari beberapa fakta yang menyebutkan mengenai tingkat minat baca di Indonesia, dan mengenai pembahasan soal pengertian minat membaca, faktor yang mempengaruhi, dan strategi penumbuhan minat baca, kita bisa mengatasi permasalahan mengenai tingkat minat baca itu dengan tidak terlalu sibuk terhadap gadget, harus bisa membagi waktu atau meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca meskipun hanya 15 menit. Selain itu, kita juga bisa menggunakan gadget sebagai media membaca hal-hal yang bermanfaat terutama bagi pengetahuan kita.
Daftar PustakaÂ
https://penerbitbukudeepublish.com/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H