Mohon tunggu...
Iwan Wicaksono
Iwan Wicaksono Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Melaksanakan kegiatan sosial masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pendampingan Pemanfaatan Flipbook Learning Source (FLS) sebagai Bahan Ajar Berkualitas

5 Juli 2024   14:45 Diperbarui: 5 Juli 2024   14:47 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jember, 8 Juni 2024

Salah satu desa binaan UNEJ No. 4242/UN25/KL/2022  Tempurejo merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Jember yang terdiri dari 8 Desa dengan jumlah penduduk 70.663 jiwa pada saat dilaksanakan sensus penduduk tahun 2010. Bila dilihat dari luas daerah, Desa Tempurejo memiliki luas 16,11 km2 atau hanya 2% dari luas total Kecamatan Tempurejo yakni seluas 762,43 km2. Akan tetapi jumlah penduduk di Desa Tempurejo paling padat jika dibandingkan dengan Desa lainnya, yaitu sebesar 14.673 jiwa atau 21% dari jumlah total penduduk di Kecamatan Tempurejo (BPS Kabupaten Jember). Dengan daerah yang memiliki jumlah penduduk terpadat di Kecamatan Tempurejo, tentunya Desa Tempurejo memiiki modal manusia yang sangat besar. Hal ini akan menjadi tantangan yang cukup besar dalam hal peningkatan kualitas penduduk di Desa Tempurejo. Karena jumlah penduduk yang besar bukan hanya menjadi modal akan tetapi juga dapat menjadi beban bagi pembangunan suatu daerah khususnya pembangunan dalam hal kualitas hidup penduduk. Dengan memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah serta wilayah yang luas, seharusnya Desa Tempurejo berpotensi memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi Salah satu sekolah yang terdapat di desa Tempurejo sendiri yaitu SMA 04 Ma'arif Perintis, sekolah tersebut merupakan sekolah swasta yang berdiri pada tahun 1986.

Bahan ajar memiliki berbagai macam bentuk, salah satunya ialah bahan ajar digital berupa flipbook. Bahan ajar Flipbook merupakan buku digital yang mempunyai halaman seperti halnya buku cetak akan tetapi pada flipbook ini di dalamnya terdapat animasi, video, gambar serta audio sehingga sangat berbeda dengan buku cetak pada umumnya. Aplikasi flipbook juga membuat sebuah bahan ajar lebih menarik serta interaktif bagi siswa dan dapat menjadi fasilitas bagi pendidik dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran serta mencapai suatu tujuan dari pembelajaran, dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sarana dan berbagai sumber belajar salah satunya yaitu bahan ajar berbasis flipbook.

Tujuan kegiatan memberikan pendampingan kepada guru tentang pemanfaatan FLS dalam Kurikulum Merdeka untuk Menyediakan Bahan Ajar Berkualitas dan mendukung SDGs Desa Tempurejo Jember. Kegiatan ini diketua oleh Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd dengan menghadirkan tiga narasumber.

Proses Penyusunan FLS
Proses Penyusunan FLS

Narasumber yang pertama Prof. Dr. Sutarto, M.Pd yang memberikan materi tentang pemahaman bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar. Selain itu, penyusunan penerapan bahan ajar yang sesuai dengan Silabus, Modul Ajar, Instrumen Evaluasi yang mengarah pada pendekatan student center learning dan high order thinking. Narasumber yang kedua Prof. Dr. Indrawati, M.Pd yang memberikan materi tentang langkah-langkah menyusun bahan ajar yang inovatif dengan memperhatikan elemen-elemen yang harus dipenuhi. Pendampingan pengembangan bahan ajar inovatif berbasis FLS dimulai dari tiga langkah utama yaitu: (1) analisis kebutuhan bahan ajar, (2) menyusun peta bahan ajar, dan (3) membuat bahan ajar berdasarkan struktur masing-masing bahan ajar. Dan narasumber yang ketiga Dr. Slamet Hariyadi, M.Si yang memberikan materi tentang fasilitas akses belajar memanfaatkan ICT, menciptakan pengalaman yang berkesan dan menarik menggunakan ICT berbasis FLS sebagai bahan ajar sehingga siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan pembelajaran yang dilakukan tidak monoton, FLS memiliki kelebihan yaitu materi pembelajaran dapat disajikan dengan tampilan menarik dan mudah di akses menggunakan laptop maupun handphone.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun