Mohon tunggu...
Iwan Fauzi
Iwan Fauzi Mohon Tunggu... Bidan - Belajar menulis

Tempat mengarang bebas

Selanjutnya

Tutup

Diary

Terpaksa Menyendiri

17 Juli 2023   23:34 Diperbarui: 17 Juli 2023   23:46 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Jadi gini gays, ada masanya kamu akan hidup sendirian, tanpa di kelilingi oleh orang-orang yg biasa kamu temui, perasaan ini biasanya akan terasa ganjil karena kebiasaan keluar dan berkumpul dengan banyak orang lalu tiba-tiba harus menyendiri di rumah tanpa di temani oleh siapapun.  

Kaya saya nih, seminggu ini saya menghabiskan waktu di rumah, ngga keluar kemana-mana, keluar rumah cuma buat beli keperluan sehari-hari, beli makan, beli rokok, dan beli keperluan lain, tapi tidak untuk bertemu dengan orang lain. Kebiasaan ini terjadi setelah beberapa waktu teman-teman yg biasa saya temui mempunyai kesibukannya masing-masing. 

Emang semenyendiri itu ya?


Yaps betul, semenyendiri itu saya ketika yg lain sedang punya kesibukan, ngga bisa dipungkiri circle pertemanan saya emang sedikit banget, bisa dihitung dengan hitungan jari ngga lebih dari itu, makanya kalo yg lain sibuk sedangkan saya ngga punya kesibukan lain ya mau ngga mau akhirnya diem aja di rumah tanpa ngopi, ngobrol atau nongkrong-nongkrong kaya biasanya.

Bagi saya yang suka keluar, suka bercerita dan membual banyak hal, ini terasa sepi dan aneh banget, kaya yang bete dan bingung mau ngapain lagi, secara media sosial saya juga ngga terlalu rame kaya orang-orang, apa lagi sekarang instagram saya baru kena hack dan harus memulai nya dengan follower baru, jadi follower saya sedikit banget, belum lagi kejombloan yang ngeselin ini bikin saya ngga punya teman bercerita atau sekedar chatting ngga penting sepanjang waktu. 

Terus gimana?


Ya pada akhirnya kebiasaan baru saya ini mau ngga mau  harus tetap dijalani, solusinya ya saya harus punya cara untuk tetap membuat semuanya asik walaupun sendirian. Selain itu juga banyak hikmah yang didapat ketika saya menyendiri di rumah, kaya akhirnya lebih banyak merenung, banyak evaluasi diri, banyak ide juga ya meskipun sedikit yg bisa dipraktekin, tapi paling ngga menyendiri itu bisa jadi waktu yang berharga buat memperbaiki apa yang selama ini terlewat karena sibuk berusaha membuat lingkungan kita menyenjadi menyenangkan. Kadang kita lupa terhadap diri kita sendiri, kita selalu berusaha membuat orang lain bahagia padahal diri kita juga butuh untuk dibahagiaain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun