Mohon tunggu...
Febriwan Harefa
Febriwan Harefa Mohon Tunggu... Guru - Seorang tenaga pendidik

Membaca, Menulis, Travelling adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan. Aktifitas setiap hari adalah sebagai tenaga pengajar.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

12 Tahun Saya Belajar dan Mendapatkan Keluarga dari Kompasiana

22 Oktober 2023   17:26 Diperbarui: 22 Oktober 2023   17:31 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Kompasiana.Com

Tak terasa Kompasiana sudah menginjak kaki diusia 15 tahun. Jika diibaratkan sebagai seorang anak, usia 15 tahun sudah menginjakan kaki di usia remaja. Sudah bisa menentukan impian yang ia harapkan untuk masa depan. Dia juga sudah mulai fasionable dalam berpakaian.

Mengingat kembali kebersamaan saya dengan Kompasiana 12 tahun yang lalu atau tepatnya 2011. Saat itu secara tidak sengaja saya menemukan platform blog yang berbeda dengan blogspot.com atau platfom blog lainnya.

Iseng-iseng saya mendaftarkan diri. Kemudian saya mulai menulis dan kebanyakan topik yang saya tulis adalah tentang curahatan hati, kegelisan hati, dan asmara. Tulisan yang asal-asalan karena saya lebih banyak menumpahkan segala emosi saya di dalamnya, tanpa memperhatikan kaidah EYD atau tanda baca seperti titik (.), koma (,), dll.  Saat itu tujuan saya yang utama adalah mampu mengutarakan berbagai perasaan saya yang sedih, gembira. Salah satu alasan klasik adalah karena saya jauh dari orangtua.  

Seiring waktu setelah 2 tahun aktif menulis di Kompasiana.Com, ada beberapa teman yang membaca tulisan saya dan sekedar memberikan ekspresi bermanfaat, penting, inspiratif, dan aktual, dll. Mulai dari situ muncul rasa kepercayaan diri untuk terus menulis setiap 2 minggu sekali. Dalam benak saya muncul "Oh rupanya ada yang baca tulisan saya toh". Meskipun saya sudah memutuskan untuk dispilin menulis 1 artikel/2 minggu. Tetap ada saja penyakit malas, tidak konsiten dengan apa yang sudah dijanjikan.

Dari Kompasiana saya menemukan beberapa teman yang mengoreksi tulisan saya, mulai dari tanda baca dan susunan paragraph.

Saat itu saya tidak marah tapi saya terus menulis dan menulis meskipun tulisanku terkadang salah ya, tapi saya terus menulis.

Dari Kompasiana Saya Mendapat Banyak Reward

Setelah kurang lebih 5 tahun terus berproses untuk belajar menulis dan memberanikan diri untuk mempublish di Kompasiana. Com. Rasa kepercayaan diri yang lebih besar, saya dapatkan saat menjadi  juara I dalam lomba menulis tentang Rencana Keuangan Masa Depan yang diadakan oleh Asuransi Manulife yang berkerjasama dengan Kompasiana. Com.

Saat itu atas prestasi saya, Manulife memberikan penghargaan berupa uang pembinaan sebesar 5 juta. Kemudian tak berselang 6 bulan setelah itu saya mendapatkan juara I dalam kompetisi menulis yang diadakan oleh Pertamina dan Kompasiana tentang Distribusi Penyaluran Bahan Bakar. Beberapa kejuaran saya terus raih bersama dengan Kompasiana.

Bagi Saya bergabung dengan Kompasiana bukan sekedar mendapatkan hadiah, tapi di Kompasiana saya mendapatkan teman dan ilmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun