Saat ini jualan tidak lagi seperti dulu, kebanyakan orang berjualan dari mulut ke mulut. Namun perkembangan zaman mau tidak mau menuntut para pebisnis musti memiliki strategi penjualan yang lebih modern. Salah satunya memanfaatkan teknologi internet, penjualan melalui berbagai platform secara online.
Apabila pelaku bisnis tak mau belajar inovasi marketing online, siap-siap saja bersaing dengan para pelaku bisnis yang sudah menerapkan sistem penjualan yang berbasis internet. Meski sudah lama tak menekuni usaha yang dilakukan secara online, tak ada salahnya menimba ilmu baru mengenai marketing online.
Beruntung pada 28 oktober 2018, mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana inovasi marketing online untuk kemajuan usaha. Acara tersebut digagas oleh JNE cabang Malang berkolaborasi dengan Bolang ( Blogger Kompasiana Malang ) serta Smartfren Comunity. Acara berlangsung di Privat Bar Hotel Atria Malang.
Mengenal Lebih Dekat Layanan JNE
Sebagai pembicara pertama, Sarifah Nazriah selaku Public Relation JNE menyampaikan lebih detail mengenai produk JNE. Udah pada tahukan apa itu JNE? Oke, kalau belum tahu bisa saya terangkan nih. JNE merupakan perusahan jasa pengiriman barang  yang berpusat di Jakarta. Dalam melayani para pelanggannya, JNE mengusung tema Conneting Happines yang mana menawarkan beberapa produk  jasa pengiriman barang seperti YES ( Yakin Esok Sampai ), REG ( Reguler ), OKE ( Ongkos Kirim Ekonomis) dan SS ( Spesial Service).
Saya pribadi sewaktu masih menggeluti usaha penerbitan dan proses pengiriman buku sering menggunakan layanan dari JNE untuk ketiganya. Semua tergantung dari kebutuhan dan biasanya memenuhi permintaan dari pembeli memilih jenis layanan yang mana.
Seiring perkembangan, rupanya JNE sudah banyak melakukan inovasi dan pengembangan jasa layanan pengiriman barang seperti JTR berupa pengiriman barang dalam skala besar, Pesona Nusantara yang merupakan Indonesia Culinary market place. Tak hanya itu, guna terus memanjakan para pelanggannya, hadirlah inovasi JLC. Apa itu JLC? Malam itu saya baru pertama kali mendengarnya. JLC merupakan JNE Loyalty Card yang mana para pelaku bisnis online makin dimudahkan. Bahkan pelaku bisnis yang sudah memengang JLC bisa merasakan beberapa manfaat diantaranya :
- Setiap mengirim paket melalui counter JNE mendapatkan 1 poin = Rp. 25000 yang mana poin transaksi pertama didapatkan setelah nilai transaksi mencapai Rp.250000.
- Setiap poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah yang menarik, mulai dari voucher belanja, permainan anak, perlengkapan dapur, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik hingga gadget.
Pada kesempatan tersebut, Niken Paramitha selaku salah satu pebisnis yang telah merasakan manfaat dari JLC. Berkat menggunakan layanan dari JNE yang sudah cukup lama, berkesempatan jalan-jalan ke Moskow melihat acara piala dunia secara langsung.
Selama ini Niken lebih banyak melakukan penjualan bisnisnya melalui Instagram, LINE maupun Whatapps. Menurutnya jualan produknya lebih cepat terjual justru di Instagram yang mana para penggunanya merupakan dari kalangan anak muda. Karena lebih menyukai dunia fashion, maka produk yang banyak dijual merupakan seputar dunia fashion.
Menggali Tips Menulis Konten Kreatif dari Ahlinya