Mohon tunggu...
K IvannoAxel
K IvannoAxel Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Have a nice day!

Hanya remaja biasa yang suka bercita cita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hal Positif yang Didapat dari Gim Daring

10 Mei 2022   10:24 Diperbarui: 12 Mei 2022   11:27 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Selama ini kebanyakan orang tua memiliki paradigma bahwa gim daring selalu merusak kaum muda jaman sekarang. Tetapi saya mencoba untuk memutar balikan paradigma orang tua bahwa dampak dari gim daring tidak selalu merusak. 

Gim daring bisa juga memberikan pengaruh positif tidak selalu negatif, semua itu tergantung dari pengguna yang menggunakannya secara berlebihan maupun secara cukup. 

Oleh karena itu saya akan memberikan dampak-dampak positif yang didapat dari game daring.

Hal-hal positf yang didapat dari gim daring:

  1. Menjadi tempat sarana mencari kebutuhan afeksi
  2. Mendapat relasi yang luas tidak hanya di kota tempat tinggal sendiri atau bisa dibilang mendapat teman di luar wilayah. Apalagi jaman sekarang teknologi informatif semakin mendukung.
  3. Menjadi lahan mencari penghasilan sampingan, sambil bermain sambil kerja. 
  4. Bisa menjadi pekerjaan yang meyakinkan di jaman sekarang. Contohnya, menjadi pemain ahli/profesional, menjadi live streamer, youtuber yang kontennya memuat tentang gim daring.
  5. Membiasakan diri dengan lebih dari satu aktivitas. Sumber: zurich.co.id
  6. Membantu mengatasi disklesia

Selain hal-hal positif yang telah saya sampaikan, saya juga akan memberikan dampak-dampak negatif dari game daring.

  • Hal-hal negatif yang didapat dari gim daring:
  1. Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh, artinya bahwa yang di sekitar diabaikan jadi lebih dekat dengan teman yang ada di gim daring daripada dunia yang asli
  2. Pengguna gim daring menjadi emosional

Namun dari pendapat yang saya kemukakan ini saya berpendapat bahwa tidak bisa menyalahkan dari gim daringnya, tetapi lebih tepatnya salahkan penggunanya yang menggunakannya tidak tahu waktu (kecanduan).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun