Mohon tunggu...
Ivan Irianto
Ivan Irianto Mohon Tunggu... Guru - guru

saya seorang guru SMK di badung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inovasi Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan

3 Maret 2024   15:17 Diperbarui: 3 Maret 2024   15:24 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran

Saya mengajarkan peserta didik untuk mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi, dan mampu menulis teks eksplanasi dan mengalih-wahanakan menjadi poster. Dengan tujuan pembelajaran: mengidentifikasi pengertian kecerdasan buatan, menjelaskan jenis-jenis kecerdasan buatan, menulis teks eksplanasi tentang fenomena kecerdasan buatan, dan mengalih-wahanakan Teks Eksplanasi menjadi Poster Digital.

Inovasi yang saya lakukan adalah mengembangkan media pembelajaran dengan aplikasi pengolah kata dan grafis berbasis kolaborasi web online dengan tepat guna, dan mampu memecahkan persoalan pembelajaran yaitu kurangnya minat belajar dan ketidakmampuan memotivasi peserta didik dengan pendekatan model pembelajaran Project Based Learning.

2. Hal Baik/Manfaat dari Inovasi Pembelajaran

Berikut beberapa hal baik yang umumnya dirasakan peserta didik dan pendidik saat inovasi pembelajaran berlangsung:

  • Aktifnya peserta didik untuk bertanya menjadi lebih sering dan situasi belajar lebih interaktif. Hal ini dikarenakan meningkatnya rasa ingin tahu dan antusiasme peserta didik karena lebih fokus dan bersemangat.
  • Peningkatan pemahaman dan daya ingat peserta didik lebih meningkat. Dibuktikan dengan hasil proyek bersama lebih menarik dan kekinian. Hal tersebut bisa dicapai karena media ajar berupa media visual, audio, dan interaktif yang dapat membantu mereka memproses informasi dengan lebih mudah dan menarik. Juga membantu mereka mengingat informasi lebih lama.
  • Peserta didik belajar untuk menganalisis informasi, membuat solusi, dan berkolaborasi dengan teman sekelas Keterampilan abad ke-21 ini sangat penting untuk kesuksesan mereka di masa depan.
  • Peserta didik belajar untuk menganalisis informasi, membuat solusi, dan berkolaborasi dengan teman sekelas dalam rangka mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang sangat penting untuk kesuksesan mereka di masa depan.
  • Dengan melibatkan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam tim, dan proyek kolaboratif maka diharapkan mampu meningkatan keterampilan sosial juga membantu peserta didik untuk lebih memahami diri mereka sendiri, minat mereka, dan bagaimana mereka belajar dengan lebih baik.
  • Peran pendidik di kelas menjadi lebih ringan dan lebih terarah.

3. Tantangan/Masalah yang Dihadapi dari Inovasi Pembelajaran

Tantangan yang dihadapi saat inovasi diimplementasikan pada pembelajaran adalah penguasaan pendidik dalam mengelola media ajar masih kurang optimal. Dan keterampilan peserta didik dalam menggunakan media ajar sangat bervariatif.

4. Solusi Pemecahan Masalah

Solusi yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang hadapi pada penerapan inovasi pembelajaran adalah dengan memberikan jeda ketika mengalami kebuntuan, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan berlebih untuk memberikan contoh penyelesaian permasalahan.

Solusi tersebut juga dapat didukung dengan mitigasi, yaitu :

1.Pendidik membuat tahapan proyek lebih detail dan jelas.
2.Pendidik menjelaskan peran-peran yang ada  dalam sebuah organisasi proyek.
3.Pendidik membuat rubrik penilaian lebih detail sesuai dengan tahapan proyek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun