Mohon tunggu...
Ivana Hedya Setiawan
Ivana Hedya Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Instritut Pariwisata Trisakti

Penerima Beasiswa Prestasi Institut Pariwisata Trisakti, Program Studi Pengelolaan Perhotelan 2021 - 2141010002

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membuat Tempat yang Menarik Pelanggan

12 Juli 2024   20:49 Diperbarui: 12 Juli 2024   21:04 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/soc-phoenix/wp-content/uploads/2018/03/12114255/toko-roti-1.jpg


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang store atmosphere. Mengenal lebih lagi tentang tata letak barang didalam toko. Dalam pemasaran, "atmosfer toko" adalah istilah yang mengacu pada suasana atau lingkungan di dalam sebuah toko yang dimaksudkan untuk membuat pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Berbagai aspek lingkungan toko dapat memengaruhi persepsi dan perilaku pelanggan, seperti:

1. Desain Interior dan Tata Letak 

Penataan dan dekorasi toko termasuk pemilihan warna, pencahayaan, dan tata letak produk. Pelanggan dapat menginap lebih lama di toko jika desainnya menarik dan mudah dinavigasi.

2. Aroma 

Aroma tertentu dapat digunakan untuk membuat suasana yang menyenangkan dan menarik pelanggan. Aroma roti panggang di toko roti atau aroma bunga di toko pakaian adalah dua contohnya.

3. Musik 

Musik yang tepat dapat menciptakan suasana hati yang positif dan memengaruhi kecepatan berbelanja pelanggan. Musik yang lembut mungkin membuat pelanggan merasa santai dan lebih lama berada di toko, sementara musik yang cepat mungkin membuat mereka bergerak lebih cepat.

4. Suhu dan Kelembapan 

Suhu toko juga penting. Terlalu panas atau terlalu dingin di toko dapat menyebabkan pelanggan tidak nyaman dan ingin segera pergi.

5. Pelayanan 

Pandangan dan penampilan karyawan juga mempengaruhi suasana toko. Karyawan yang ramah dan membantu dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen.

6. Visual Merchandising 

Pelanggan dapat menarik perhatian dan melakukan pembelian impulsif dengan menyediakan produk yang menarik dan informatif.

7. Crowding

Banyak orang di toko juga berdampak. Terlalu banyak orang dapat membuat toko terasa tidak nyaman, tetapi terlalu sepi dapat membuat toko terasa tidak menarik.

Tujuan dari atmosfir toko adalah untuk membuat tempat yang tidak hanya menarik, tetapi juga mendukung merek toko dan mendorong pelanggan untuk membeli barang. Studi menunjukkan bahwa suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas, dan penjualan secara keseluruhan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun