Mohon tunggu...
Ivana Hedya Setiawan
Ivana Hedya Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Instritut Pariwisata Trisakti

Penerima Beasiswa Prestasi Institut Pariwisata Trisakti, Program Studi Pengelolaan Perhotelan 2021 - 2141010002

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Bisnis Makanan Kekinian

25 April 2024   07:00 Diperbarui: 25 April 2024   07:04 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Membuka bisnis makanan kekinian memerlukan kombinasi kreativitas, visi bisnis yang kuat, pemahaman pasar, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan tren dan perubahan konsumen yang cepat. Berikut adalah beberapa langkah dan strategi yang dapat membantu dalam merintis bisnis makanan kekinian

Pertama, kenali pasar dan tren. Lakukan riset pasar untuk memahami tren makanan terkini dan kebutuhan konsumen. Tinjau tren makanan lokal dan global serta identifikasi peluang yang mungkin ada di pasar.

Kedua, tentukan konsep unik. Temukan konsep atau ide untuk bisnis yang membedakan usaha kita dengan usaha orang lain. Hal ini dapat berupa jenis makanan spesifik, cara penyajian yang inovatif, atau fokus pada kebutuhan diet atau gaya hidup tertentu.

Ketiga, kembangkan branding yang menarik. Branding yang kuat akan membantu membedakan bisnis Anda dan menarik perhatian pelanggan potensial. Pertimbangkan untuk bekerja dengan desainer grafis untuk menciptakan logo dan identitas visual yang menarik.

Keempat, Pilih lokasi yang strategis. Lokasi bisnis Anda akan memiliki dampak besar terhadap kesuksesannya. Pilih lokasi yang strategis dengan lalu lintas pelanggan potensial dan sesuai dengan konsep bisnis Anda.

Kelima, membuat menu yang menarik. Buatlah menu yang inovatif dan menarik dengan variasi hidangan yang unik dan menarik bagi pelanggan. Pertimbangkan untuk menawarkan opsi yang sehat dan ramah lingkungan untuk menarik segmen pasar yang lebih besar.

Keenam, gunakan media sosail. Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis yang kita punya. Buatlah konten yang menarik dan berbagi foto-foto makanan yang menggoda untuk menarik minat pengguna dan meningkatkan visibilitas merek Anda.

Yang terakhir, pastikan pengalaman pelanggan memuaskan mulai dari pemesanan, pengiriman atau pengambilan, hingga saat mereka menikmati makanan Anda. Layani dengan ramah, responsif, dan konsisten.

Dengan kombinasi strategi ini dan dedikasi yang kuat, Anda dapat memulai dan mengembangkan bisnis makanan kekinian yang sukses.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun