Mohon tunggu...
Ivana Hedya Setiawan
Ivana Hedya Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Instritut Pariwisata Trisakti

Penerima Beasiswa Prestasi Institut Pariwisata Trisakti, Program Studi Pengelolaan Perhotelan 2021 - 2141010002

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Tren Budaya pada Hotel Industri

21 April 2024   20:00 Diperbarui: 21 April 2024   20:19 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tren budaya merupakan salah satu strategi marketing yang berisikan kebudayaan didalam produk tersebut. Strategi marketing ini memiliki daya tarik tersendiri karena budaya dan tren menjadikan para konsumen merasa dekat dengan produk yang dibutuhkan. 

Industri perhotelan juga memakai strategi marketing pada tren ini, ada beberapa tren budaya yang sedang terjadi antara lain:

1. Pentingnya Pengalaman Pelanggan

Hotel tidak lagi hanya tentang tempat menginap, tetapi juga tentang pengalaman yang disediakan kepada tamu. Hotel mulai fokus pada menyediakan pengalaman yang unik dan berkesan bagi tamu mereka, mulai dari desain interior yang menarik hingga aktivitas dan layanan khusus.

2. Kesadaran Lingkungan

Semakin banyak hotel yang mulai mengadopsi praktik ramah lingkungan, seperti penggunaan energi terbarukan, pengelolaan limbah yang lebih baik, dan pengurangan plastik sekali pakai. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan menjadi lebih tinggi di kalangan tamu, sehingga hotel berusaha untuk menyesuaikan praktik mereka dengan nilai-nilai ini.

3. Teknologi dalam Pelayanan

Teknologi terus memainkan peran yang lebih besar dalam industri perhotelan. Hotel menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka, seperti check-in mandiri, kunci pintar, dan layanan pesanan makanan secara daring. Namun, tantangannya adalah memastikan bahwa teknologi ini tidak mengurangi aspek kemanusiaan dan keramahan dalam pelayanan.

4. Inklusivitas dan Diversitas

Industri perhotelan semakin mengakui pentingnya inklusivitas dan diversitas dalam pelayanan mereka. Hal ini mencakup merekrut staf dari latar belakang yang beragam, menyediakan aksesibilitas bagi tamu dengan kebutuhan khusus, dan menyediakan layanan yang sensitif terhadap beragam budaya.

5. Kesehatan dan Kesejahteraan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun