Didalam dunia kerja atau saat menjalani pekerjaan pasti akan selalu ada namanya persaingan. Karena tempat kerja atau sebuah instansi mengingikan para karyawan atau pekerjanya memiliki keahlian atau kompetensi dibidangnya. Namun tidak semua orang sama rata dalam hal tersebut, dari faktor beda individu bisa beda juga kualitas yang dimiliki nya.
      Ketika seseorang lulus dari pendidikan sekolah menengah atau pendidikan perguruan tinggi, pasti ekspetasi pertama nya ialah mendapatkan pekerjaan impian. Keinginan dan juga harapan untuk masa depan membuat seseorang mempersiapkan segalanya untuk memperoleh pekerjaan dan memperebutkan posisi disuatu instansi. Tentunya tidak hanya satu dua orang yang mikirkan hal ini, semua orang juga pasti akan memikirkan hal ini. Karena jumlah pencari kerja atau pelamar yang lebih banyak dari kebutuhan lowongan pekerjaan di suatu instansi inilah yang membuat adanya persaingan pekerjaan untuk memperoleh pekerjaan. Suatu lulusan baik dari sekolah menengah ataupu perguruan tinggi harusnya mempunyai kesiapan serta keterampilan lebih dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Berikut tips dari penulis untuk mempersiapkan diri saat mencari pekerjaan
Membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik.
- Â Â Â Suatu instansi akan melihat lebih sosok pelamar yang mempunyai CV yang sesuai dengan bidangnya, mempunyai pengalaman lebih, aktif dalam organisasi, serta mempunyai riwayat yang menjanjikan. Jadi buat CV mu lebih menarik perhatian instansi tujuan
- Menyiapkan diri saat tes psikologi atau wawancara.
- Â Â Â Kalian harus punya kesiapan dan mentalitas dalam tahap ini, karena didalam tes ini para HRD atau Human Resource Development akan melihat kecapakan serta sikap anda. Dari tes ini HRD juga akan mengasah kemampuan berfikir kalian dan menilai kontribusi anda di instansi tersebut.
- Memulai adaptasi di masa training.
- Â Â Â Saat sudah diterima kerja, jangan sombong pada diri sendiri atau jumawa ke orang lain karena merasa suskes mendapatkan posisi. Justru didalam masa training anda akan di uji keterampilan dan kompetensi yang anda miliki sesuai bidang dan posisi yang ditempatkan. SOP atau standar operasional prosedur instansi harus anda terapkan selalu, jikalau salah atau melanggar maka akan mengancam posisi anda sebagai tenaga baru di instansi tersebut. Mulai memahami lingkungan, belajar dengan orang yang berpengalaman, dan jangan takut untuk mencoba suatu hal karena itu yang akan membuat anda menjadi lebih berkembang
- Â Â Berikut tips dari penulis jikalau anda mulai mencari pekerjaan dan ingin mengembangkan diri di dunia kerja. Jangan takut untuk memulai dan tetap semangat meskipun badai menghantam. Terimakasih, salam sehat.
Â
REFERENSI
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H