Media massa memiliki peran yang sangat penting. Setiap manusia yang hidup memerlukan media massa. Masyarakat mendapat informasi dengan membaca surat kabar, menonton berita, mendengarkan radio, mengakses berita melalui internet. Media massa membantu kita untuk dapat mengetahui peristiwa dari dalam maupun luar negeri. Effendy dalam kamus komunikasi, “media sarana yang digunakan oleh komunikator sebagai saluran untuk menyampaikan suatu pesan kepada komunikan, apabila komunikan jauh lokasinya atau banyak jumlahnya”. (Effendy, 1989:220)
Program-program acara televisi swasta tidak akan hidup tanpa adanya loyalitas pemirsa dan iklan. Untuk itu program-program televisi harus mempunyai strategi kreatif terhadapa penyajiannya dalam pemenuhan tujuan dan sasaran yang dimiliki. Dalam meningkatkan acara program haruslah jeli dan memperhatikan apa yang digemari penonton.
Indosiar merupakan salah satu perusahaan penyiaran di Indonesia yang memiliki banyak program acara yang menarik untuk audience-nya, dan memberikan program-program yang terbaik. Salah satu program unggulan di Indosiar adalah D’Terong. Program dangdut harian yang tayang pada pukul 18.00 WIB. Acara ini memiliki banyak segmen, diantaranya Bintang Pantura. Pada segemen Bintang Pantura ini, D’Terong menghadirkan para penyanyi dangdut dari berbagai pelosok di Indonesia yang kemudian akan di make over dan penampilannya akan di komentari oleh komentator.
Tak jauh berbeda dengan program terdahulunya yaitu Kompetisi bernyanyi D’Academy, D’Terong juga menghadirkan komentator yang berpengalaman dan sukses di dunia dangdut dan entertainment di Indonesia. Komentator akan memberikan penilaian dan masukan terhadap penampilan peserta secara keseluruhan. Ada Inul Daratista (Bu Ratu), Iis Dahlia, Beniqno, Saipul Jamil, Ivan Gunawan (Mak Gembul) dan satu juri tamu. Melalui program, D’Terong akan melahirkan generasi terbaru di dunia musik dangdut, dengan tampilan yang lebih fresh dan energik. Serta akan jauh dari kesan kampungan.
Program D’Terong dapat memberikan suatu Create Experience bagi seluruh penontonnya. Create Experience dapat dibentuk oleh lima aspek yang disingkat menjadi “VAKGO”, yaitu Visual, Auditori, Kinesik, Gustatory, dan Olfactory. Dalam tulisan ini akan dibahas satu per satu aspek tersebut kaitannya dalam program D’Terong Show.
A. Visual : Lewat program TV D’Terong sudah memberikan suatu pengalaman secara visual kepada para penontonnya, artinya penonton dapat menyaksikan secara jelas program D’Terong.
B. Auditori : Untuk memenuhi pengalaman dalam aspek ini, saya mengajukan untuk membuat program “D’Terong on the Air” di Radio Dangdut Indonesia 97.1 FM pada jam 10.00 – 13.00 yang diidi dengan pemutaran lagu-lagu dangdut dan info-info yang menarik seputar dangdut yang dibawakan oleh Irfan Hakim/Ramzi dan Rina Nose.
Nantinya program ini akan menambah pengalaman penonton D’Terong yang tadinya hanya bisa menyaksikan pada televisi, tapi kedepannya juga bisa didengar lewat radio. dan radio yang dipilih pun merupaka radio yang fokus terhadap musik dangdut dan menjadi pilihan nomor satu bagi penikmat dangdut di Indonesia. Jadi, tak perlu takut kehilangan pendengar karena sudah pasti pendengar radio ini adalah para penikmat musik dangdut.
C. Kinesik : Pengalaman ini dapat dilakukan dengan keterlibatan langsung para pencinta program D’Terong dalam kegiatan produksi program atau megikuti kegiatan yang disponsori oleh D’Terong.
Program yang ingin saya ajukan adalah “Dangdut Music Run”, dimana program ini menggabungkan kegiatan marathon sambil mendengarkan musik dangdut. Mengapa marathon? Mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat yaitu lari, maka kegiatan ini akan lebih mudah diterima oleh masyarakat karena sudah tidak asing lagi. Yang membedakan dari acara marathon lain adalah, bahwa para peserta nantinya akan membuat playlist lagu dangdut di gadget mereka sebelum memulai lari dan dengan menggunakan headset para peserta akan berlari sambil mendengarkan musik dangdut yang telah mereka masukan dalam playlist dan akan lebih menarik lagi karena para peserta akan bergoyang mengikuti irama lagu sambil berlari. Jadi, kegiatan ini akan menjadi fun dan fresh seiiring dengan pelestarian lagu dangdut sebagai lagu khas Indonesia. Peserta diwajibkan untuk twitpic keseruan acara dengan hastag #DangdutMusicRun @DTerongShow
D. Gustatory : Kegiatan yang dapat mendukung pemberian pengalaman dalam aspek ini bagi program D’Terong yang akan saya ajukan adalah “KopDar (Kopi Darat) D’Terong” kegiatan kumpul para pecinta program D’Terong yang akan dilakukan mulai masing-masing daerah hingga tingkat nasional.
Acara kumpul bersama ini akan dilaksanakan 3 bulan sekali (diisi dengan kegiatan makan malam bersama oleh para pengisi program D’Terong dengan para pecintanya. Kegiatan ini dilakukan dalam suasana informal sehingga akan menambah kesan kekeluargaan dan kebersamaan.
E. Olfactory : Ini adalah aspek terakhir dalam Create Experience, yang diharapkan semakin menguatkan program D’Terong di benak para pecintanya.
Yang ingin saya tawarkan adalah “D’Terong KTV (Karaoke TV)” ini adalah tempat karaoke yang fokus menyediakan lagu-lagu dangdut. Nantinya tempat karaoke ini pada launching awalnya akan dibuka di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.
Beberapa aspek yang sudah dibahas tadi akan saling bersinergi dan “Create Experience” yang berintegrasi untuk program D’Terong bagi setiap pecinta setianya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H