Mohon tunggu...
ITB AD KKN Kelompok 15
ITB AD KKN Kelompok 15 Mohon Tunggu... Mahasiswa - ITB AHMAD DAHLAN JAKARTA

Kegiatan KKN Kelompok 15

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN ITB Ahmad Dahlan Bantu Mendorong Perkembangan UMKM Desa Kalisuren

10 Januari 2024   18:30 Diperbarui: 10 Januari 2024   18:31 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Institut Teknologi Ahmad Dahlan (ITB AD) Jakarta pada tahun 2023. Kegiatan ini ditempatkan berdasarkan kesepakatan antara kelompok mahasiswa dengan dosen pembimbing lapangan masing-masing. 

Mahasiswa ITB AD Jakarta kelompok 15 terdiri dari 11 anggota melaksanakan KKN dengan tema "Peningkatan Pendapatan Usaha Micro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Pemasaran Digital dan Pencatatan Keuangan yang Baik bagi Pelaku UMKM" tepatnya berlokasi di Desa Kalisuren, Tajur Halang, Kab.Bogor, Jawa Barat. 

Kegiatan KKN ini berlangsung selama 2 bulan dari 10 Oktober - 16 Desember 2023. Sebelum mengadakan sosialisasi kami mahasiswa ITB AD melakukan survei dengan narasumber Bapak Mahmur selaku Kaur Perencanaan di Desa Kalisuren. Pak Mahmur mengusulkan untuk koordinasi kepada Bunda Ulfa selaku koordinator UMKM Desa Kalisuren.

Pada tanggal 30 September 2023 mahasiswa ITB AD bersilaturahmi di tempat salah satu pelaku UMKM dengan Bunda Ulfa dan beberapa pelaku UMKM lainnya. Mahasiswa berdiskusi dengan pelaku UMKM mengenai kendala-kendala pelaku UMKM dalam berbisnis. Dari hasil diskusi kendala yang bisa kita bantu di bagian pemasaran produk sisanya lengkap seperti sertifikat halal, surat hak dan lain-lainnya. 

Dengan permasalahan tersebut, pada tanggal 10 Oktober 2023 kami dari kelompok 15 KKN ITB AD melakukan pembukaan sekaligus Workshop di Kantor Desa Kalisuren. Pada acara tersebut di hadiri oleh 20 pelaku UMKM Desa Kalisuren. Kegiatan di mulai pada pukul 14.30 WIB dengan mendatangkan Narasumber dari LP3M dan dosen ITB AD yang mana menyampaikan materi terkait digital marketing dan pembukuan bagi UMKM. Pada materi tersebut narasumber menyampaikan beberapa hal mengenai pemasaran digital.

Pelaku UMKM Desa Kalisuren antusias mengikuti kegiatan tersebut karena dengan adanya kegiatan tersebut membantu memudahkan para pelaku usaha dalam berbisnis sehingga mempunyai insight mengenai memasarkan produk melalui beragam media online. Dari kegiatan tersebut, banyak dari pelaku UMKM yang melakukan tanya jawab ke narasumber mengenai bisnisnya sehingga keresahan para pelaku UMKM dapat di dengar dan diberi saran langsung oleh narasumber.

Dalam program ini Mahasiswa ITB AD kelompok 15 yang terdiri 11 anggota berpencar ke 5 UMKM yang bunda Ulfa sarankan. Beranggotakan 2-3 mahasiswa di setiap rumah pelaku UMKM untuk melakukan pendampingan. Program kerja ini dilakukan dengan mengunjungi lokasi usaha, mewawancarai dan memberikan wawasan kepada pelaku usaha mengenai digital marketing. Berikut adalah program kegiatan mahasiswa ITB AD kelompok 15 yang di lakukan untuk UMKM Desa Kalisuren.

Kegiatan diawali dengan penjabaran terkait cara mengelola akun Instagram sebagai sarana digitalisasi UMKM juga di lakukan demi membantu UMKM Warung Soto Lamongan bu Lilis dapat berkembang dan dikenal dalam pasar yang lebih luas. Pembuatan design banner menggunakan media digital canva dan pencetakan stand banner UMKM Warung Soto Lamongan Ibu Lilis sesuai keinginan dan persetujuan beliau.

Output yang diperoleh dari program ini yakni Ibu Lilis selaku pemilik UMKM Warung Soto Lamongan memiliki minat yang tinggi untuk segera mengembangkan usahanya melalui teknologi digital. Adanya proses re-design banner UMKM Warung Soto Lamongan bu Lilis ini semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat dan konsumen. Adapun kegiatan kelompok lain seperti membuat akun penjualan yaitu shopee, tokopedia, dan Lazada. Dengan harapan para umkm bisa meningkatan penjualan online di setiap harinya. Lalu bukan hanya itu saja kita juga membuat desain produk e-commerce dengan menarik bertujuan untuk menarik konsumen agar konsumen tertarik pada produk yang UMKM jual.

Kegiatan selanjutnya yaitu membantu mempromosikan produk penjualan dari pembuatan awal sampai produk jadi. Dengan ini kita membuat video a day in my life dari pembuatan barang sampai produk bisa di jual dan kegiatan ini akan di promosikan melalui akun tiktok dan akun Instagram UMKM tersebut. UMKM juga memiliki kegiatan besar yaitu festival bogor yang dimana semua umkm berjualan di alun alun inkopad untuk merayakan festival bogor, kita pun ikut membantu dalam kegiatan tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun