Berdasarkan pengalaman saya menyangkut urusan pelayanan publik, menurut saya pelayanan publik sudah semakin maju. Penilaian ini sebatas apa yang saya alami di kota saya di Malang, untuk kota-kota yang lain saya tidak tahu. Di tahun ini saya mengurus perpanjangan KTP, SIM, kartu perpustakaan kota, sedangkan ayah saya mengurus BPKB kendaraan, sertifikat rumah, NPWP. Dari semua itu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah bagus, cepat, tidak berbelit-belit, dan murah, petugasnya pun ramah. Biaya yang kami keluarkan dan jangka waktu pengurusannya sesuai dengan apa yang mereka informasikan di papan keterangan. Pelayanan yang baik ini bisa kita dapatkan asalkan semua persyaratan telah dipenuhi dengan lengkap. Jika kurang jelas informasinya, tanyakan saja keada petugas.
Sistem pelayanan publik saat ini sudah semakin maju. Sistemnya sudah tidak kuno seperti dulu lagi. Malahan dibeberapa instansi disediakan “sms center” untuk menampung saran, pengaduan, dan keluhan masyarakat apabila mereka tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Yang menjadi kendala adalah antrian yang panjang karena banyak sekali orang yang mempunyai keperluan yang sama, apalagi banyak orang yang tidak mau antri. Ini seperti yang saya alami ketika mengantri unutk mengurus KTP. Tiba-tiba saja ketika saya sedang menunggu giliran, saya diserobot oleh seorang bapak-bapak. Mau mengingatkan saya tidak berani kerena orang itu badannya tinggi besar, jadi saya mengalah saja tapi dengan perasaan jengkel. Namun di luar itu sistem palayanan yang modern ini setidaknya bisa lebih mempermudah dan meringankan urusan pelayanan publik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H