Mohon tunggu...
Ita Oktavia
Ita Oktavia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa inisnu temanggung

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kaji Tiru Madrasah Inklusi di Mi Maarif Keji Kabupaten Semarang

16 Oktober 2024   07:13 Diperbarui: 16 Oktober 2024   07:17 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
studi tiru mi maarif keji / dokpri

Setiap anak berhak memperoleh pendidikan tanpa perbedaan, Madrasah Maarif keji yang berlokasi di Jalan yudistira Desa keji Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Madrasah yang memiliki visi mewujudkan generasi yang Qurani berprestasi dan peduli sejak tahun 2011  Madrasah inklusif di Kabupaten Semarang yang juga menjalin kerja sama dengan SLB psikolog Balai Diklat Keagamaan Jawa Tengah dan juga menjadi sasaran AUSIT dan UNICEF. 

Kurikulum yang diterapkan pada Madrasah maarif keji mengikuti standar nasional dari Kemendikbud dan juga berbasis Islami diantaranya terdapat program tahfid dan Tahsin Alquran. Dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencetak generasi Qurani bahkan di antaranya terdapat peserta didik berkebutuhan khusus yang sudah menghafal Alquran. Proses belajar mengajar di Madrasah inklusif mampu menciptakan Interaksi yang aktif dan menyenangkan antara guru siswa dan peserta didik berkebutuhan khusus.

Pendidikan inklusi merupakan pendekatan yang memberikan kesempatan yang sama bagi semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Di Indonesia, salah satu lembaga pendidikan yang menonjol dalam penerapan pendidikan inklusi adalah MI Ma'arif Keji di Ungaran

Pendidikan inklusi bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa, tanpa memandang perbedaan kemampuan. MI Ma'arif Keji telah menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, siswa ABK dapat belajar berdampingan dengan teman-teman mereka yang tidak berkebutuhan khusus. Hal ini sejalan dengan prinsip bahwa setiap individu berhak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhannya.

MI Ma'arif Keji telah berhasil mengimplementasikan program pendidikan inklusi sejak didirikan. Menurut kepala sekolah, Muchlisin S.Pd.I, meskipun awalnya terdapat tantangan dalam mengedukasi orang tua dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan inklusi, kini sekolah ini telah menjadi contoh sukses dengan lebih dari 50 media yang meliput kegiatan mereka. Program ini tidak hanya mencakup pembelajaran akademis tetapi juga bimbingan untuk pengembangan keterampilan sosial dan motorik bagi siswa ABK.

Program inklusi yang terintegrasi dapat meningkatkan kemandirian anak-anak berkebutuhan khusus. Hal ini tercermin dalam pernyataan Miftachul Chotimah bahwa hal utama yang diterapkan untuk ABK adalah terkait kemandirian.

Kunjungan ke institusi-institusi pendidikan inklusif lainnya dapat menjadi inspirasi bagi guru dan tenaga kependidikan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk mengembangkan program inklusi di madrasah mereka sendiri.Studi tiru ini memberikan kesempatan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk melihat diversifikasi sarana prasarana yang mendukung pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Hal ini termasuk fasilitas khusus, alat bantu, dan teknologi edukatif yang digunakan untuk meningkatkan aksesibilitas.Dengan demikian, study tour madrasah inklusi yang dipimpin oleh Kemenag Kabupaten Temanggung di MI Maarif Keji Ungran, Kabupaten Semarang, memberikan nilai kebaruannya dan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di madrasah Kab Temanggung. Beberapa contoh kegiatan  yang dilakukan oleh MI MAARIF Keji,

Di Madrasah Maarif Keji  terdapat kegiatan gems  olahraga yang melibatkan semua peserta didik tanpa terkecuali dengan kolaborasi mereka bermain bersama yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter Aswaja meliputi tasamuh tawasud tawazun dan I’tidal selain belajar di dalam kelas reguler juga mendapatkan program individual di ruang sumber pada jam jam tertentu di ruang sumber .pdbk mendapatkan layanan stimulasi dan bimbingan belajar layanan stimulasi didapatkan dari proses Identifikasi dan asesmen.

Kegiatan pendampingan di ruang sumber ini bertujuan untuk mengurangi hambatan yang dimiliki oleh peserta didik dengan layanan stimulasi dilakukan untuk menstimulasi motorik halus motorik kasar sensori dan beberapa hal lainnya media yang digunakan meliputi sepeda statis dan trampolin yang digunakan untuk melatih motorik kasar dan keseimbangan Selain itu terdapat binbag yang dipergunakan untuk anak-anak hiperaktif agar lebih tenang dan fokus papan Titian dan papan keseimbangan yang digunakan untuk melatih keseimbangan melatih fokus dan motorik kasar keberadaan peserta didik di Madrasah Maarif keji menjadikan madrasah unggul dan berprestasi diantaranya dari tingkat kabupaten sampai tingkat internasional yang diraih oleh peserta didik maupun guru.

 sebagai madrasah iklusif madrasahi juga menerapkan kegiatan isami seperti istighosah maulidul rasul salat duha dan salat zuhur berjamaah magrib dan juga inklusif Islamic Boarding School program ekstrakurikuler merupakan program tambahan bagi siswa Madrasah Maarif keji yang meliputi Pramuka drum band  rebana senitari bola voli dan tenis meja. liputan dari media cetak online dan elektronik yang telah memberitakan kegiatan pendidikan di Madrasah Maarif keji baik tingkat regional maupun internasional Selain itu Madrasah maariif keji  juga menjadi pusat studi dan kajian ilmiah bagi mahasiswa S1 S2 S3 dan dosen baik dari universitas negeri ternama maupun dari universitas swasta yang tersebar di seluruh Nusantara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun