Mohon tunggu...
Titan Amaliani
Titan Amaliani Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

sebab dihati ada janji yang harus ditepati.... (^_^)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Puskesmas, Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan

16 Maret 2011   16:35 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:44 2370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="" align="aligncenter" width="640" caption="google"][/caption]

Puskesmas adalah pusat kesehatan masyarakat yang bertempat di kecamatan2 dimaksudkan sebagai pengganti keberadaan rumah sakit dan klinik2 kesehatan yang bertanggung jawab atas kesehatan rakyat.  Puskesmas tak hanya menjadi pengganti rumah sakit namun juga bertanggung jawab atas peningkatan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/ kota. Secara umum, mereka harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM).

upaya yang dilakukan puskesmas cukup banyak  yaitu promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak serta keluarga berncana, perbaikan gizi masyarakat, upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular, dan pengobatan.

Kondisi geografi Indomesia yang tidak  merata, menyebabkan daerah jangkauan puskesmas menjadi tidak sama, beberapa puskesmas memiliki cakupan yang sangat luas dengan kondisi geografis yang tidak dapat dilalui dengan angkutan biasa. sehingga dibeberapa daerah puskesmas menggunakan angkutan seperti mobil, perahu, bahkan helikopter untuk tetap dapat menjangkau masyarakat. Pelayanan Kesehatan di taraf Puskesmas saat ini masih sering dikeluhkan oleh masyarakat. hal-hal yang sering dikeluhkan adalah: 1. Petugas tidak ramah Petugas yang selalu marah marah begitu ada pasien, yang datang. administrasi yang lama, petugas yang sering terlambat dan pulang cepat, selalu menjadi keluhan masyarakat. yang menyebabkan masyarakat sering berobat ke pengobatan alternatif, dengan biaya yang tidak terlalu mahal, namun hati pasien bisa jauh lebih nyaman. 2. Obat yang ala kadarnya Tak asing lagi jika masyarat mengeluh masalah ini. obat demam dikasi pil dan tablet yang sama dengan obat gatal. sisanya jika ingin obat yang lebih bagus lagi, masyarakat harus membeli di apotek. 3. Dokter tidak ada Untuk puskesmas yang ada di ibukota provinsi justru dokter ada banyak bahkan ada yang sampai spesialis. namun di pedalaman, kabupaten, dan daerah daerah yang jauh dari kota, dokter sangat langka. hanya ada pada jam jam tertentu atau pada hari hari tertentu. padahal sakit gak bisa dijadwalkan kan? apalagi kalau dokternya tidak tentu. Padahal Tolak ukur bagi puskesmas agar bisa dikatakan ideal, , yaitu jika memiliki dua dokter umum, satu dokter gigi, dua perawat, dan tiga orang bidan. Apa yang perlu diperbaiki dari puskesmas? 1. Paradigma Masyarakat Puskesmas pada dasarnya memiliki lebih banyak tugas untuk melakukan preventif (pencegahan) daripada kuratif (pengobatan). ini lah yang harus segera dibenahi. lakukan upaya upaya promotif oleh tenaga puskesmas, jika masyarakat tidak mau menggunakan puskesmas sebagai sarana peningkatan derajat kesehatan.  'petugas puskesmaslah yang harusnya menjemput bola' 2. SDM tenaga puskesmas di tingkatkan yang harus diperbaiki adalah bagaimana melayani masyarakat dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat karena para tenaga kesehatan yang berada di puskesmas adalah abdi negara yang tugasnya mengabdikan diri kepada masyarakat juga.  paling tidak petugas harus  belajar ramah, on time, dan belajar senyum. 3. Penyediaan obat dan Dokter meskipun sebagian besar tugas puskesmas adalah pencegahan, namun sebagian besar masyarakat masih menggunakan puskesmas sebagai tempat berobat. bukan hanya karena biayanya yang murah, namun juga karena puskesmas merupakan pelayanan kesehatan pratama yang langsung menjangkau masyarakat. oleh karena itu, keberadaan dokter dan obat yang BERMUTU sangat penting di puskesmas. 4. Petugas puskesmas harus terjun ke masyarakat Petugas puskesmas harus terjun, mengawasi, melihat dan memperbaiki kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya. jadi petugas tidak hanya berada dalam kantor puskesmasnya saja. ada baiknya jika petugas yang menjemput bola. Semoga puskesmas dapat lebih baik lagi dalam menjalankan fungsinya sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. (^_^)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun