Mohon tunggu...
Ita Febrianti
Ita Febrianti Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiwa Ekonomi Pembangunan

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Money

Apa Saja Ancaman dan Kekuatan Usaha Mikro dalam Lingkup Ekonomi Digital?

18 Januari 2022   11:22 Diperbarui: 20 Januari 2022   09:37 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seringkali saat ini kita mendengar kata "digital" pada proses pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan wujud dari bentuk tingkat kesejahteraan yang ada dalam ruang lingkup masyarakat.

Dengan adanya ekonomi digital ini mampu merubah ekonomi global yang membuat industri kecil menjadi industri multinasional mikro dengan elastis dan dinamika yang telah mereka miliki.

Hal ini menjadi perkembangan utama bagi ekonomi digital dalam membangun bisnis secara digital di era revolusi industri 4.0."Indonesia saat ini telah mencapai ekonomi digital dengan capaian 2,092 T di tahun 2025" ucap Presiden Jokowi pada pertemuan pers,Sabtu (CNN,1/6/2022).

Pencapaian dari ekonomi digital tersebut haruslah dioptimalkan khususnya pada pengembangan bisnis digital. Di era teknologi yang semakin maju ini bisa digital tidak hanya memiliki adanya komponen tantangan namun juga pemanfaatan teknologi untuk menciptakan peluang dan solusi bisnis yang tepat.Ekonomi digital di Indonesia memberikan dampak positif, namun juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis.

Melihat perkembangan digital saat ini salah satu usaha pemerintah Indonesia untuk mengembangkan usaha mikro sebagai ruang lingkup ekonomi digital yang mampu berdaya saing yaitu dengan memberikan fasilitas usaha mikro go online diharapkan mampu menghasilkan 8 Juta usaha mikro Indonesia yang mampu masuk ke dalam platform pasar online yang dikembangkan pada pertengahan tahun 2018 lalu.

Pengembangan ekonomi digital sebagai salah satu ancaman dan juga kekuatan pada pembangunan usaha mikro ini menjadi  hal yang terindikasi.bahwa adanya ekonomi digital mampu untuk membawa perkembangan yang menyeluruh terkait usaha mikro yang berkembang saat ini dalam peningkatan yang strategis.

Sehingga,hal ini memungkinkan pemasaran yang dilakukan secara optimal dalam ruang lingkup konsep yang terstruktur dalam pengembangan adanya munculnya berbagai macam digital application yang membantu pengembangan ekonomi digital saat ini dalam usaha mikro.

Ekonomi digital saat ini kita membutuhkan proses yang harusnya dikembangkan secara optimal bagi pebisnis dalam negeri untuk menghadapi berbagai macam tantangan khususnya pelaku usaha mikro dalam ruang lingkup pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi ini menjadi pusat perhatian apabila pengembangan dari kekuatan pembangunan di Indonesia terhadap masalah digital hal ini sangatlah penting.

Dalam pertumbuhan ekonomi digital saat ini banyak membantu para pebisnis untuk mengembangkan aplikasi digital dalam perkembangan pasar.

Selama melakukan ekonomi digital para pengusaha diharuskan untuk memberikan adanya kontribusi digital dalam melakukan kegiatan ekonomi yang ada di pasar global.

Ekonomi digital ini banyak memberikan perubahan dalam ancaman dan juga tantangan an pada industri multinasional mikro, dalam jangka waktu yang panjang pemanfaatan ilmu teknologi yang semakin berkembang dalam bidang ekonomi tentu saja akan meningkatkan kapasitas bisnis.

Tak hanya,memiliki peluang pada kapasitas bisnis namun,pergeseran paradigma membuat perusahaan menengah harus bergabung dengan pasar e-commerce hal inilah yang membuat perusahaan menengah kurang bereksistensi di pasar global.

Ekonomi digital ini akan memberikan sebuah keuntungan atau kerugian bagi pembangunan bisnis digital yang dilakukan oleh para pengusaha di era saat ini.Berbagai penerapan aplikasi digital menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan pengembangan bisnis di era teknologi.

Berdasarkan dari hasil riset Google, Temasek, dan Bain & Company ini telah melakukan perkiraan pada ekonomi digital Indonesia dengan nilai total penjualan (gross merchandise value/GMV) sejumlah US$ 70 miliar.Maka,nilai tersebut memiliki tingkat pertumbuhan majemuk (compound annual growth rate/CAGR) sebesar 49% dibandingkan tahun sebelumnya.Tentu saja ekonomi digital Indonesia pun,diperkirakan meningkat menjadi sebesar US$ 146 miliar pada 2025.

Walaupun demikian, CAGR pada empat tahun mendatang tidak setinggi tahun ini, yaitu hanya 20%.Dengan perkembangan ekonomi digital yang ada di Indonesia tentu saja ini akan memberikan peran yang sangat signifikan bagi peningkatan ekonomi digital di Indonesia.Ekonomi digital Indonesia akan berekstensi pada tahun 2025 sebagai tahun emas ekonomi digital Indonesia.

Melihat fluktuasi dari ekonomi digital indonesia yang cenderung up, pemerintah akan menyediakan pengembangan ekonomi digital di Indonesia ini secara optimal mulai dari perbaikan sistem dalam dunia bisnis, pengaturan kebijakan hukum digital ekonomi dan berbagai macam kebijakan lainnya yang digunakan mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia."Kami sangat berharap pada Presiden Jokowi melalui rapat kabinet untuk memberikan arahan pada pola inisiatif solusi e-commerce bagi ekonomi digital di Indonesia",ucap Arianto Ekonom Indonesia pada Senin(BBC,17/1/2022).

Sumber : insights.alerian.com
Sumber : insights.alerian.com

Isu-isu mengenai e-commerce dalam mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia ini berlaku untuk dioptimalkan. Namun,sebenarnya ada beberapa hambatan sebagai tantangan ekonomi digital di Indonesia. Lalu apakah tantangan tersebut yang menghambat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia?

Tantangan yang harus dihadapi ini berupa 6 isu yang nantinya akan menghasilkan kebijakan komprehensif dan sinkronisasi dari pemerintah.Adapun 6 tantangan tersebut yakni pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, logistik, serta edukasi dan sumber daya manusia.Dengan adanya tantangan tersebut pemerintah juga telah melakukan perumusan terhadap prinsip dalam pengembangan e-commerce melalui afirmatif dalam ekonomi digital.

Ekonomi digital di Indonesia akan berkembang dengan memberikan konsistensi pada pengembangan teknologi dalam transmisi perekonomian digital.Tidak hanya itu para pengusaha juga diberikan dukungan baik dari pemerintah ataupun masyarakat untuk mengembangkan ekonomi berbasis digital di era teknologi yang semakin maju saat ini.

Terlebih pada tahun 2020 revolusi bisnis pada ekonomi digital di Indonesia terjadi kenaikan 22% dalam pendapatan domestik bruto.Tentu saja,pertumbuhan tersebut akan mendapatkan dampak yang positif dan tantangan yang harus diselesaikan oleh pemerintah Indonesia, agar sistem ekonomi digital di Indonesia mampu bersaing dengan pasar bisnis internasional dalam ruang lingkup e-commerce. Sehingga,dengan demikian kesejahteraan rakyat Indonesia dalam perekonomian digital saat ini dapat terpenuhi dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun