Pesan  Presiden  Jakowi pada perayaan hari buku  nasional 17 mei 2020 :  "saat-saat seperti  pademi  inilah kita  lebih  punya  waktu untuk membaca  buku,  baik  buku  fisik  maupun buku  digital"
Berkaitan dengan pesan Presiden Jakowi diatas, sekarang bagaimana dengan pengelolaan perpustakaan  sekolah  di masa  covid19 ini apakah  telah memberikan  layanan perpustakaan secara  fisik  maupun secara  online?  Bagaimana  kesiapan Kepala sekolah menyiapkan perpustakaan  sekolah untuk membantu  proses  pembelajaran jarak  jauh (PJJ) sehingga aktifitas  belajar mengajar para siswa dan guru terbantu dalam masa pademi covid-19 ini. Karena disinilah pentingnya peran perpustakaan sekolah secepatnya bisa menerapkan layanan perpustakaan digital dan layanan onlinenya.Â
Metode  pembelajaran  di  masa  Pademi  covid  ini menuntut pembelajaran  melalui  daring, apakah itu  di  jenjang  pendidikan  SD, SMP, SMA sampai PGT. Akibat  covid  ini sangat  terganggu  aktifitas  pembelajaran tatap  muka, karena  menghindari  penyebaran  dan  memutus  rantai penyebaran  virus, tak  membolehkan  berkerumun  dan berkelompok  dalam  ruangan, dengan  pembatasan  sosial, jaga  jarak dan  selalu  pakai  masker  sesuai  prorotokol kesehatan, menuntut metode  pembelajaran  jarak  jauh lewat  jaringan  internet, namun  efektifitas nya  jauh  berbeda  dengan cara  pembelajaran  tatap  muka.Â
Diakui oleh sejumlah pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan, walau bagaimanapun  metode  pembelajaran  tatap  muka untuk  saat  ini, masih  lebih  baik  untuk diterapkan  di  Indonesia,  walau bisa  dilakukan  secara  daring, akan tetapi  kalau semua dilakukan  secara  daringpun itu hanya  sebagai  pelengkap untuk  menambah  atau  meningkatkan  pembelajaran  tatap  muka. Jadi para  guru  dan  para  siswa, masih  banyak  yang  berpendapat dan mengatakan, bahwa  metode  pembelajaran secara daring, belum  cocok  sepenuhnya  diterapkan  di  Indonesia, terutama  bila diterapkan pada  pendidikan  dasar  dan  menengah.Â
Hal ini  disebabkan beberapa  faktor misalnya faktor  dari  kesiapan para guru  dalam  menyampaikan  materi  pembelajaran lewat  daring, yang  tentunya  perlu  pelatihan-pelatihan dulu  untuk  melakukan itu, kemudian  faktor  jaringan  komunikasi (internet)  antar  suatu  daerah  yang  satu  dan  daerah  lainnya  daya  pancar internet nya tak  merata, jadi  ada  sekolah  didaerah  yang  masih  belum  terjangkau  signal  internet  kalau  adapun  signal, tidak semua  guru  dan  siswa bisa mengopersionalkan atau  menggunakan aplikasi untuk  media  pembelaran, apakah melaui  laptop maupun  hp  android.
Perangkat seperti ini belum  sepenuhnya  bisa  dijadikan  sebagai  sarana  pembelajaran. walupun  sebenarnya  dengan  cara  memanfaatkan  media  sosial seperti  fb, twiter,  whatsapp bisa  dilakukan pembelajaran  walau  sangat  sederhana. Tetapi  itulah  tadi permasalahannya, masih  banyak sekolah di daerah terutama  desa  pinggiran  dan  pedalaman, masih banyak tidak  menerima  signal  internet (seluler).
Keadaan  pembelajaran  di  masa  covid  ini  memang menyisakan  sejumlah  problema, termasuk diantaranya pengelola perpustakaan sekolah yang belum dapat menyesuaikan kemajuan iptek, hubungannya dengan penerapan teknologi dan informasi. Terlebih dimasa pademi covid ini yang seharusnya perpustakaan sekolah bisa diakses secara online oleh  para  guru  dan  para  siswa.Â
Permasalahan penyelenggaraan Perpustakaan sekolah di era new normal atau masa covid-19.
Bagaimana  penyelenggaraan dan  pelayanan  perpustakaan  sekolah dimasa  covid ini?  Perpustakaan sekolah sebagai  heart  of  education atau  jantungnya  pendidikan  di  sekolah, sebagai  sarana  penunjang  proses  belajar  mengajar, untuk  meningkatkan  kualitas  pendidikan  dan  pembelajaran  di sekolah. Sekarang  bagaimana kontribusi pengelola perpustakaan  sekolah dalam  melakukan  layanan  perpustakaan nya, untuk  memenuhi  kebutuhan  informasi para  siswa dan  guru?Â
Bagaimana dalam  mencari atau  menelusuri  informasi secara  online (OPAC) apakah  sudah  berjalan atau masih  ada yang menggunakan alat telusur  lewat  kartu  katalog secara  manual? Ataukah selama  pademi  ini  perpustakaan  sekolah  tidak  melayani kebutuhan informasi para siswa maupun guru. Apa  memang  perpustakaan  sekolah  dimasa covid-19 ini, sama  sekali  tidak  berfungsi  sama  sekali. Padahal  Presiden  Jakowi  telah  berpesan seperti  telah  disebutkan  diawal tulisan ini yaitu lebih baik untuk  membaca  buku  baik  fisik  maupun  buku  digital  untuk  menambah  pengetahuan  dan  kecerdasan.
Disinyalir, kebanyakan sekolah  belum  siap  betul  menerapkan  layanan  perpustakaan  berbasis  teknologi informasi. Padahal UU no. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, pasal  23, telah  dijelaskan  bahwa perpustakaan sekolah menyelenggarakan layanannya perlu  menerapkan  teknologi informasi  dan  melakukan layanan  digital (seperti  ketentuan standard nasional perpustakaan  sekolah) Amanat  UU Perpustakaan  tersebut, seyogyanya  perpustakaan sekolah  ini  dimasa  pembelajaran jarak  jauh ini lebih berperan  dan  lebih fokus memberi  layanan  koleksi  digitalnya,agar para  disiswa dapat  mengaksesnya  dari  rumah.
Jadi perpustakaan  tidak  seharusnya terhenti  menjalankan layanan perpustakaan sekolahnya, justru  seharusnya menjadi sarana penunjang pembelajaran jarak  jauh karena  kalau  layanan secara  tatap  muka, perpustakaan  perlu mengikuti protokol kesehatan, supaya  virus  corona  tak menerjang  para siswa  dan  guru, jaga  jarak,  memakai  masker,  pakai  dispektan  dan sanitizer  dan  selalu  cuci  tangan, semua  itu perlu  disediakan di sekolah, supaya  peredaran  covid  bisa  tercegah penularannya, dengan kita  membatasi  kegiataan  dalam  ruangan, Kita  perlu  mengikuti arahan  pemerintah  tidak  berkerumun dan  selalu  menjaga  jarak, karena  hanya  itu  sekarang yang  dapat  dilakukan  sepanjang  obat  anti  virus  corona  belum  ditemukan.
Sejak  pademi  covid,kegiatan belajar mengejar yang  biasa  dilaksanakan  dikelas,telah berubah  menjadi  belajar  jarak  jauh, dengan  menggunakan dan memanfatkan perangkat teknologi  informasi, pembelajaran  dapat  terus  dijalankan ditengah  pademi  ini, walau dalam  prakteknya banyak  sekali ditemui  berbagai  permasalahan,  mulai  dari  kurang  terbiasanya  menggunakan  perangkat  teknologi  informasi dalam  media  pembelajaran, kurang  siapnya guru dan para siswa dalam  pembelajaran melalui  daring. Untuk  itu perlu, kesiapan belajar mengajar melalui teknologi  informasi,karena mau  tidak  mau proses  belajarlah  mengajar  harus  tetap  berjalan  walau stay at home  atau  work  from  home,  atau belajar  dari rumah, mengajar  dari  rumah.