Ayo blajar belajar menulis !!! Apa anda suka membaca? Apa anda suka menulis? Kalau anda sudah suka keduanya baguslah. Berarti anda sudah menjadi seorang literat. Literat itu artinya orang yang sudah terbiasa membaca dan menulis. Atau istilah yang dikenal sekarang literasi.
Literasi yaitu bila seseorang telah memiliki pemahaman dan kemampuan membaca, dari situ nantinya akan muncul kemampuan untuk menulis. Tapi yang ingin saya uraikan disini adalah asiknya belajar menulis di kompasiana.
Belajar menulis di kompasiana  memang harus diawali dengan kebiasaan membaca tulisan-tulisan dari kompasianer. Dari belajar mempelajari cara mereka menuangkan gagasan dalam berbagai bentuk dan gaya penulisan, kita bisa mempelajarinya.
Setelah kita sedikit paham gaya penulisan orang lain, maka jangan dilama-lama harus dicoba untuk menulis, walaupun tulisan kita awalnya kurang bagus, tetapi yakinlah, lama-kelamaan seiring waktu, dari seringnya kita membaca tulisan di kompasiana dan seringnya kita mencoba mempraktekan terus dengan berbagai tulisan, dengan mencontoh gaya penulis lain, sehingga lama-lama kita bisa bisa menemukan gaya kepenulisan kita sendiri.
Kata kunci untuk menulis adalah  membaca, sepanjang kita tidak membaca sangat sulit untuk dapat merangkai kata dan ungkapan kata dalam tulisan, cobalah terus untuk membaca, dan terbiasa membaca supaya menjadi kebiasaan membaca -- hobi baca, sehingga nanti sangat mudah untuk mengekpresikan kemampuan membacanya untuk menjadi sebuah tulisan, yang bisa ditampilkan lewat media massa cetak maupun media online semacam kompasiana.
Sekarang banyak sekali media cetak dan media massa online, tempat menyalurkan hobi anda menulis. Tapi alangkah baiknya juga anda punya media untuk menulis sendiri. Mungkin media yang cocok dan tepat dengan kebutuhan anda di antaranya bikin blog anda sendiri.
Dengan memiliki blog sendiri, memungkinkan anda menuangkan ide, gagasan apa saja lewat tulisan yang nantinya dimuat di blog sendiri. Karena untuk baiknya suatu tulisan memang itu harus terus menulis menjadi kebisaan, hobi menulis  dan membaca.
Selain itu kita perlu belajar dengan membaca hasil tulisan orang lain. Dengan membaca tulisan karya orang lain, kita diberi kesempatan untuk mempelajari, bagaimana menentukan tema tulisan, bagaimana menuangkan ide/gagasan lewat tulisan, dan merangkai kata menjadi kalimat, dari kalimat menjadi paragraf sehingga nantinya bisa berarti dalam tulisan dan mudah dipahami para pembacanya.
Kadang kita sulit sekali merangkai kata yang baik dalam tulisan, tetapi dengan terus membaca dan terus belajar merangkai kata, lama kelamaan akan terbiasa, sehingga ahirnya tertuang dalam tulisan yang enak untuk dibaca.
Baiklah saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya sewaktu belajar menulis/ngeblog pertama kalinya. Saya waktu itu memang hobi membaca dan sedikit hobi nulis,walau tulisannya belum begitu baik.
Pada waktu itu saya membaca lewat komputer/internet yang ada dikantor, kebetulan waktu itu HP masih belum ada yang android. Jadi untuk mendapatkan informasi hanya lewat komputer atau laptop saja.
Banyak informasi yang didapatkan dari internet itu. Kalau saja kita pandai memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan tersedianya berbagai informasi yang ada di internet, kita akan luas pengetahuan dan menambah berbagai keterampilan.
Lewat internet itulah saya mencoba membuka berbagai tampilan media online, dan berbagai website instansi pemerintah juga perusahaan swasta. Memang waktu itu sekitar tahun 2008, 2009 belum begitu banyak instansi pemerintah/kantor yang mempunyai website.
Padahal Menkominfo, dengan adanya UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Dari adanya UU itu setiap lembaga/instansi publik, wajib menginformasikan program dan kegiatan kantornya. Dari situlah awal mula saya mulai timbul gagasan untuk memulai mencoba membikin blog kantor.
Walaupun sifatnya blog itu sementara, sebelum kantor punya website resmi kantor sendiri. dari situlah aku mulai berfikir bagaimana kalau aku coba mulai membuat berita atau artikel untuk dituangkan di website (blog).
Dari berbagai informasi dan tampilan web/blog kantor atau perusahaan lain saya liat dan pelajari. Oh ternyata begitu tampilan dan isi informasinya. Semua tampilan informasi yang saya dapatkan, saya yang mempunyai sedikit suka membaca dan menulis, ingin juga mempunyai media berita seperti yang aku liat di internet, maka aku mencoba-coba cari informasi di internet dengan buka alat telusur google aku coba ketikan cara membuat membuat website, kebetulan juga waktu itu kantor tempat saya bekerja belum mempunyai website kantor.
Padahal banyak sekali kegiatan kantor yang perlu diinformasikan atau diberitakan mengenai kegiatan kantor itu ke masyarakat. Biasanya kantor tempat saya bekerja, kalau mau memberitakan kegiatan, selalu memanggil/menghubungi wartawan surat kabar atau wartawan dari media tv. Selain itu juga mengirim berita press release untuk diberitakan di surat kabar.
Press release biasanya bahan beritanya kita sendiri yang menyiapkan, biasanya bentuk pernyataan kepala kantor tentang masalah tertentu. Memang kalau berita yang kita bikin secara press release itu beritanya lebih pas informasinya, karena udah terkonsep dengan baik, berbeda kalau wartawan memberitakan secara wawancara langsung atau wartawan disuruh memberitakan tentang kantor kita, kadang adakalanya isi beritanya kurang pas, maklum memang wartawan tidak mempunyai disiplin ilmu perpustakaan, jadi ketika ada istilah-istilah perpustakaan dan kepustakawanan, agak berbeda penapsirannya ketika dituangkan dalam tulisannya.
Baiklah kita kembali kemasalah bagaimana waktu itu saya mulai belajar bikin blog, setelah saya buka internet buka google, disitu keluar panduan cara membuat blog yang praktis dan sederhana. Saya mencobanya mengutak ngatik, membaca sana sini tentang pengaturan bikin blog itu, memang agak rumit juga kalau pertama kali membuat, sampai kadang aku dirumah mengerjakan sampai larut malam.
Tapi memang asik juga mempelajari dan mempraktekannya. Saya waktu itu mencoba pakai bloger untuk bikin blog pertama saya, memang agak mudah, bila dibandingkan dengan wordpress, tetapi keduanya sama untuk bikin media informasi. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membuat konten berita maupun artikel juga bisa upload photo dan video. Tapi aku coba saja yang lebih mudah yaitu pakai blogger.
Dengan blogger memang tampilannya tinggal memilih, tampilan apa yang kita suka. Sebelumnya mesti daftar ke blogger, yang terlebih dulu kita mendaftarkan email kita. Karena kalau kita tidak punya email, kita tidak bisa bisa bikin blog itu.
Ayo kita mulai belajar menulis! kita informasikan kejadian di sekitar anda dan kegiatan yang anda lakukan sehari-hari. Ide gagasan, bisa didapat dari kejadian atau peristiwa yang ada disekeliling anda. Bagi masyarakat yang tinggal di padesaan, tentu ide/gagasan bisa muncul, dari kegiatan misalnya, orang lagi nanam padi disawah, pemandangan yang indah disekitar anda, orang yang lagi bekerja dikebun nanam palawija atau menanam pohon.
Bisa juga kegiatan di sekitar lingkungan anda misalnya kegiatan kebersihan lingkungan dan kegiatan lainnya. Dari kegiatan seperti itu bisa, digambarkan diceritakan secara story telling. Seperti diungkap Kang Pepih Nugraha, bahwa menulis yang baik, dicoba dengan cara metode story telling dalam mengungkapkan suatu ide, dan menarasikannya kedalam tulisan. Selamat mencoba menulis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H