Modul  1.1 ini bisa diibaratkan sebagai petualangan intelektual yang membawa kita menelusuri konsepsi pendidikan ala Ki Hadjar Dewantara (KHD).Â
Dimulai dari pemahaman tentang landasan filosofisnya yang menghargai kodrat alam dan zaman, hingga memperkenalkan konsep Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, dan Ing Ngarsa Sung Tulodho.Â
Dalam perjalanan ini, kita disuguhkan refleksi mendalam, pengembangan pemahaman, dan contoh aplikatif yang menegaskan esensi pendidikan yang memerdekakan.
Kesimpulan Pemikiran KHD
- Pendidikan:Â
Mempersiapkan individu agar menjadi manusia merdeka secara lahir dan batin, berakhlak mulia, serta mampu berkontribusi pada kemajuan bangsa.
- Murid:Â
Dilihat sebagai subjek yang unik dengan kodrat alam dan keadaannya sendiri yang harus dipahami dan dihargai.
- Guru:Â
Berperan sebagai pengarah, mentor, dan pendamping yang membimbing murid mencapai potensi tertingginya.