Ki Hadjar Dewantara (KHD) merupakan figur yang memiliki kontribusi besar dalam perjalanan pendidikan Indonesia.
Pemikiran-pemikirannya yang mendalam tentang pendidikan, yang terutama terangkum dalam karya monumentalnya "Pendidikan", menjadi pijakan utama dalam memahami esensi pendidikan Indonesia.Â
Dalam modul ini, kami akan mengeksplorasi konsep pemikiran KHD dan bagaimana kita sebagai pendidik dapat menghayati dan memaknainya dalam praktik pembelajaran sehari-hari.
1. Intisari Pemikiran KHD tentang Pendidikan:
Pemikiran KHD tentang pendidikan terfokus pada beberapa aspek penting:
- Pendidikan berpusat pada anak, di mana anak dipandang sebagai subjek utama yang harus dipandu menuju keselamatan dan kebahagiaan tertinggi.
- Pendidikan harus memerdekakan, bukan hanya dari belenggu ketidakadilan fisik, tetapi juga dari belenggu mental dan spiritual.
- Keselarasan dengan kodrat alam dan zaman, di mana pendidikan harus sesuai dengan realitas alamiah dan perkembangan zaman.
2. Memahami Diri sebagai Pembelajar (Guru) dan Pemelajar (Murid):
Sebagai guru, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi pemimpin dalam proses belajar-mengajar.Â