"Kreativitas melibatkan penghubungan berbagai elemen. Orang-orang kreatif, ketika diminta menjelaskan proses kreatif mereka, mungkin merasa bersalah karena bagi mereka, proses itu bukanlah suatu tindakan konkret; mereka hanya melihat sesuatu. Setelah beberapa saat, sesuatu yang sebelumnya tidak jelas bagi mereka, tiba-tiba menjadi gamblang. Ini karena mereka mampu mengaitkan pengalaman mereka dan menyintesis elemen-elemen baru."
Steve Jobs -
Dalam Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid, menurut hemat saya hal ini menjadi landasan krusial bagi para pendidik yang ingin memahami cara menciptakan program yang tidak hanya sukses secara akademis, tetapi juga memberikan dampak positif pada perkembangan murid.Â
Modul ini adalah catatan tugas saya, memperkenalkan paradigma baru dalam pengelolaan program, dengan mengutamakan murid sebagai fokus utama dan menegaskan pentingnya keberlanjutan dalam dunia pendidikan.
Tujuan Pembelajaran Khusus
CGP diharapkan dapat mengintegrasikan materi yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya, menciptakan sintesa pemahaman yang holistik mengenai program sekolah yang memiliki dampak positif pada murid.
Pertanyaan Pemantik
Bagaimana saya dapat mengaplikasikan esensi dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari menjadi dasar teoritis dalam menyusun rencana program/kegiatan yang berdampak positif pada murid yang akan saya rancang sebagai seorang calon guru penggerak?
Jawaban
Sebagai seorang calon guru penggerak, saya bertujuan untuk mengaitkan intisari dari materi modul-modul guru penggerak yang telah saya pelajari agar dapat menjadi dasar teoritis yang kokoh dalam menyusun rencana program/kegiatan. Saya akan menggabungkan konsep-konsep tersebut untuk menciptakan strategi yang lebih holistik dan berdampak positif pada perkembangan murid.Â