Kita sering dihadapkan pada situasi sulit di sekolah yang melibatkan dua pilihan yang sama-sama "benar"? Kita merasa bimbang dalam mengambil keputusan yang adil dan bertanggung jawab dalam situasi dilema etika?
Jika ya, Anda tidak sendirian! Temukan jawabannya dalam Demonstrasi Kontekstual Modul 3.1: Wawancara Kasus Dilema Etika kepada Kepala Sekolah!
A. Tujuan Pembelajaran Khusus:
Tujuan pembelajaran khusus adalah untuk memungkinkan ChatGPT (CGP) melakukan analisis mendalam terhadap penerapan proses pengambilan keputusan.Â
CGP diharapkan mampu menggunakan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip, serta proses pengambilan dan penerapan keputusan yang berlaku di lingkungan sekolah asalnya maupun di lingkungan sekolah atau situasi lainnya.Â
Dengan demikian, CGP dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam konteks yang relevan dengan situasi yang dihadapi.
B. Tahapan Kegiatan Demonstrasi Kontekstual:
Tahapan Demonstrasi Kontekstual dirancang untuk memberikan kesempatan kepada CGP untuk menunjukkan pemahaman yang telah dimilikinya terhadap keseluruhan materi pembelajaran.Â
Melalui tahapan ini, CGP akan diberikan kesempatan untuk merenungkan materi yang telah dipelajari dalam modul ini dengan menerapkan konteks lokal atau situasi yang relevan dengan pengalaman dan lingkungan sekolah yang dikenalinya.
Dalam tahapan ini, CGP diharapkan dapat mengaitkan konsep-konsep yang telah dipelajarinya dengan pengalaman dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam lingkungan sekolahnya.Â