dunia berkualitas. Tujuannya adalah mempersiapkan calon guru penggerak (CGP) untuk memahami, menerapkan, dan menganalisis kebutuhan dasar dalam tindakan siswa dan guru. Modul ini juga menekankan peran sekolah dan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kebutuhan siswa yang beragam. Dengan pemahaman yang kuat, CGP diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam meningkatkan pendidikan.
Modul 1-4 membahas kebutuhan dasar manusia dan
Pertanyaan pemantik
Ibu Ambar, guru wali kelas kelas 2A di SD Pelita Hati, sedang bingung menghadapi ulah salah
satu murid di kelasnya, Doni. Beberapa anak di kelas 2A telah datang padanya dan
mengeluhkan Doni yang seringkali meminta bekal makan siang mereka dengan paksa. Jika
Anda menghadapi situasi seperti Ibu Ambar, apa yang akan anda lakukan? Menurut anda, kirakira apa alasan Doni melakukan hal itu?
Jawaban:
Dalam penegakan disiplin positif, Ibu Ambar harus memahami kebutuhan apa yang mendorong tindakan Doni yang meminta bekal makan siang teman-temannya. Pemahaman ini penting agar tindakan disiplin yang diambil dapat membantu memecahkan masalah tanpa merugikan Doni.Â
Beberapa kebutuhan yang mungkin terlibat dalam situasi ini adalah:
Kebutuhan Bertahan Hidup (Survival)
Jika Doni merasa lapar dan tidak memiliki bekal makan siang, tindakannya mungkin merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar bertahan hidupnya, seperti makanan.
Kasih Sayang dan Rasa Diterima
Doni mungkin merasa senang saat temannya memberi perhatian atau mengikuti permintaannya, yang mencerminkan kebutuhan akan kasih sayang dan rasa diterima.
Penguasaan
Jika Doni merasa hebat ketika temannya patuh pada permintaannya, ini bisa mencerminkan kebutuhan akan penguasaan atau pengakuan atas kemampuannya.