Pada awalnya, perasaan saya dipenuhi dengan kecemasan dan ketegangan. Ada sejumput khawatir dalam hati ini, akan kemampuan murid dalam mengikuti pendekatan pengajaran baru yang telah saya persiapkan.Â
Kekhawatiran ini meliputi rasa takut bahwa mereka mungkin kesulitan beradaptasi dengan cara pembelajaran yang membutuhkan keterlibatan aktif dan kemampuan untuk mengatasi tantangan pembelajaran secara mandiri.
Lebih lanjut, hadir juga perasaan waswas, apakah mampu memberikan pengajaran yang efektif dengan pendekatan yang berfokus pada siswa.Â
Saya khawatir bahwa lingkungan belajar yang akan saya ciptakan mungkin tidak akan memberikan dukungan yang cukup bagi siswa-siswa untuk belajar dengan baik. Selain itu, saya merasakan ketidakpastian apakah saya mampu memfasilitasi proses pembelajaran mereka secara efektif.
Namun, seiring berlalunya waktu, perasaan-perasaan negatif itu mulai berganti dengan kepercayaan diri yang bertumbuh. Saya mulai melihat perubahan positif di kelas. Murid mulai aktif terlibat dalam pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan, dan aktif berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini membuat saya merasa lebih tenang dan bahagia dalam peran saya sebagai guru.
Saya melihat bahwa siswa mulai lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Mereka mulai bertanya lebih banyak dan berdiskusi lebih sering. Mereka juga mulai lebih berani mengekspresikan ide dan gagasan mereka. Saya melihat bahwa mereka lebih termotivasi untuk belajar dan mereka lebih menikmati pembelajaran.
Saya juga merasa lebih nyaman dan senang dalam mengajar. Saya merasa lebih percaya diri dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang aktif dan partisipatif. Saya juga merasa lebih puas dengan hasil pembelajaran siswa.
Melalui pengalaman ini, saya belajar bahwa pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat menjadi cara yang efektif untuk mengajar. Pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri mereka.
Berikut adalah beberapa tips yang saya lakukan untuk membantu mengatasi kecemasan atau kekhawatiran dalam menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa:
Lakukan persiapan yang matang