Pendidikan merupakan pondasi utama dalam membangun masa depan suatu negara. Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia telah merancang Program Guru Penggerak (PGP) sebagai langkah unggulan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air. PGP tidak hanya menjadi wadah untuk mempersiapkan calon guru penggerak (CGP) yang akan memimpin transformasi pendidikan, tetapi juga tempat untuk menumbuhkan harapan dan mengatasi kekhawatiran dalam menghadapi perjalanan pendidikan yang penuh tantangan.
Dalam kurun waktu sembilan bulan, CGP mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran yang secara komprehensif memperkuat kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional mereka. Melalui pendekatan ini, diharapkan CGP siap menjalankan peran sentral mereka dalam membentuk arah masa depan pendidikan di Indonesia.
Sekilas Tentang Harapan
Berpuluh-puluh ribu calon guru penggerak memiliki impian bersama, yaitu mengembangkan diri menjadi guru yang lebih baik. Harapan ini menjadi dasar motivasi untuk mengikuti program. Mereka ingin menjadi pengajar yang mampu melampaui metode tradisional, menciptakan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif. Harapan ini dipicu oleh keinginan mendalam untuk mendorong siswa meraih potensi terbaik mereka.
Pemimpin Pembelajaran dan Perubahan
Harapan lainnya adalah menjadi pemimpin pembelajaran yang mampu menggerakkan perubahan. CGP ingin menjadi panutan bagi guru-guru lain dalam menerapkan metode pembelajaran modern dan berdampak. Mereka berharap dapat menginspirasi dan membimbing rekan-rekan guru menuju transformasi positif dalam dunia pendidikan. Ini mencakup pula kemampuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang memadukan teknologi dan keterlibatan aktif siswa.
Agen Perubahan Pendidikan
Namun, harapan yang paling bermakna adalah menjadi agen perubahan pendidikan di Indonesia. CGP ingin memberikan dampak positif yang besar bagi sistem pendidikan, melampaui batasan sekolah mereka. Mereka berharap untuk berkontribusi pada pembentukan pendidikan berkualitas dan merata untuk seluruh lapisan masyarakat. Dengan menggandeng stakeholder pendidikan dan masyarakat, mereka bermimpi mewujudkan visi pendidikan yang lebih inklusif dan relevan.
Tugas dan Tanggung Jawab yang Kompleks
Meskipun penuh dengan harapan, CGP tidak luput dari kekhawatiran. Salah satunya adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang kompleks selama PGP. Program ini melibatkan CGP dalam berbagai kegiatan pembelajaran yang menguji kematangan mereka sebagai calon pemimpin pendidikan. Kekhawatiran muncul apakah mereka mampu memenuhi harapan dan tuntutan program yang intens.