Membaca tentang klikbait di cerpennya Mbak Ayra Amirah, saya penasaran, apa itu sebenarnya klikbait, maklum saya termasuk golongan generasi L (lampau, hihihi) yang kudet alias kurang apdet meski bisa sedikit menerka, kalau hal itu sebagai suatu pengkhianatan terhadap dunia jurnalisme.Â
Klikbait adalah sebuah trik membuat judul konten yang memancing pembaca untuk mengklik konten karena terpikat oleh judul yang diberikan.Â
Tapi seringkali istilah klikbait dipergunakan orang untuk memberikan istilah peyoratif yang mengandung makna menghina atau merendahkan sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan secara daring dengan membuat judul yang bombastis, tapi tidak sesuai konten yang dibuat.Â
Awalnya, Klikbait bertujuan untuk menambah jumlah klik dengan informasi yang relevan dan informatif.Â
Tapi dalam perkembangannya  saat ini klikbait sering fokus di jumlah klik saja, tapi tidak mempertanggungjawabkan kesesuaian judul dan konten. Alhasil, banyak judul yang bombastis tapi isinya tidak sesuai dengan judul yang digunakan.Â
Judul dengan Klikbait ini sekarang menjadi fenomena tersendiri di dalam berita entertainment maupun di media online lainnya.Â
Klikbait bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan pembuat konten.
 Apa saja kelebihan, kekurangan, dan bagaimana memaksimalkan fungsi klikbait dalam konten yang bermanfaat dan bisa dipertanggungjawabkan.Â
Mari kita simak satu persatu.Â
1. Kelebihan Klikbait :