Mohon tunggu...
ISTIQOMAH ISTIQOMAH
ISTIQOMAH ISTIQOMAH Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI SDN 2 TAMPO

Guru Pai Sdn 2 Tampo GP Angkatan 7

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

28 September 2023   12:09 Diperbarui: 28 September 2023   12:13 6220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nilai Peran Guru Penggerak Forum diskusi Eksplorasi konsep

by ISTI QOMAH Gp Angkatan 7

Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi 

Adalah nilai "berpihak pada murid". Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, saya menyesuaikan pembelajaran dengan memanfaatkan kekuatan atau aset yang dimiliki oleh sekolah. Dengan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan Memberikan kebebasan kepada murid untuk memilih kegiatannya sendiri memberi kesempatan siswa untuk mengemukakan pendapat. kegiatan belajar mengajar pun dilakukan dengan memanfaatkan metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan potensi dan karakteristik murid. karena seyogyanya anak ibarat kertas kosong yang sudah ada garis-garis samar, kita hanya mendampingi, mendorong, memotivasi supaya murid bisa mengenali potensinya masing-masing.

Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

1. Membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid.
2. Melaksanakan kegiatan penilaian dan refleksi pembelajaran.
3. Kegiatan ekstrakurikuler seperti drumband, Seni mewarnai tari dan lainnya
4.Penerapan budi pekerti dan pembiasan

5. menciptakan pembelajaran yang menarik

6.Rapat dengan guru

7. Aktif dalam kegiatan kelompok kerja Guru

8. Lokakarya peningkatan kompetensi Guru

9.Acara peringatan hari besar keagamaan dan Nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun