Penilaian adalah upaya atau tindakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan itu tercapai atau tidak. (Benjamin S. Bloom dan kawan-kawannya) itu berpendapat bahwa pengelompokkan tujuan pendidikan itu harus senantiasa mengacu kepada tiga jenis domain (daerah binaan atau ranah) yang melekat pada diri peserta didik, yaitu:
1. Ranah proses berfikir (cognitive domain)
Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Â Aspek kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir termasuk di dalamnya kemampuan memahami, menghafal, mengaplikasi, menganalisis, mensistesis dan kemampuan mengevaluasi. Cakupan yang diukur dalam ranah Kognitif adalah:Â
Ingatan (C1)
Pemahaman (C2)
Penerapan (C3)
Analisis (C4)
Evaluasi (C5)
Mencipta (C6).
    Contohnya siswa dibina kompetensinya menyangkut kemampuan melukis jaring-jaring kubus. Untuk dapat melukis jaring kubus diperlukan pengetahuan (kognitif) tentang bentuk jaring kubus dan cara melukis garis tegak lurus.Â
2. Ranah AfektifÂ