Mohon tunggu...
Istinganah
Istinganah Mohon Tunggu... Guru - guru

musik, kuliner, travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Prancis Model Discovery Learning

23 Desember 2022   16:50 Diperbarui: 23 Desember 2022   16:54 676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada abad 21 ini guru harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Peran teknologi semakin melekat dengan dunia pendidikan. Saat ini banyak sekali platform maupun aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Dengan tersedianya berbagai platform dan aplikasi, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga siswa dapat  lebih mudah memahami dengan baik materi yang dipelajari.

Penyebutan TPACK adalah dari Pengetahuan (Knowledge/K) cara membelajarkan (Pedagogy/P) dan menguasai materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C)) ini dikenal dengan istilah Pedagogy Content Knowledge (PCK). Istilah PCK pertama kali diperkenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. PCK tidak sekedar gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran abad 21. Hal ini mendorong pengajar untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Istilah PCK kemudian berkembang menjadi TPCK dimana "T" adalah teknologi. Guna memudahkan  penyebutannya TPCK diubah menjadi TPACK.  Konsep TPACK yaitu;

a). Pengetahuan materi bidang studi atau materi pembelajaran.

b). Pengetahuan pedagogis  yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran.

c). Pengetahuan teknologi digital.

d). Pengetahuan pedagogi dan materi (gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran)

e). Pengetahuan teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran.

f). Pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.

g). Pengetahuan tentang teknologi digital, pedagogi, dan materi 

Dalam pembelajaran bahasa Prancis model Discovery Learning, pengaplikasian TPACK sangat menjembatani penyampaian materi untuk lebih memudahkan pemahaman peserta didik. Pada awal pembelajaran ini guru menggunakan kode barcode untuk mempersilakan peserta didik mencermati materi yang akan disampaikan pada pembelajaran tersebut, yang tertuang di Padlet dan tampak pada layar LCD di kelas.  Peserta didik yang sudah sangat terbiasa menggunakan HP Android akan lebih mudah mengaplikasikannya dan mereka dapat mempelajari materi yang diberikan tidak hanya saat di kelas saja, pada saat berada di rumah, mereka dapat kembali mempelajari materi dengan membuka link Padlet yang juga diberikan oleh guru. 

Pada tahap awal Sintaks Discovery Learning, guru memberikan stimulasi dengan memberikan beberapa contoh kalimat berbahasa Prancis yang dituliskan pada layar Padlet yang juga bisa diakses dengan mudah menggunakan HP Android masing-masing peserta didik untuk kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi masalah yang ada yang dipandu oleh guru. 

Pada tahap pengumpulan data, peserta didik mulai dapat menuliskan hasil penemuan diskusi kelompok mereka pada lembar LKPD yang sebelumnya telah dibuat menggunakan aplikasi Canva, sehingga tampilan menjadi lebih menarik dan menambah semangat belajar mereka. Untuk kegiatan pengolahan data, hasil dari data yang telah terkumpul dan sudah dicatat di LKPD kemudian difoto untuk kemudian diposting di Padlet, sehingga akan langsung tampak pada layar LCD di depan kelas dan dapat terlihat oleh semua peserta didik. 

Sintaks berikutnya untuk Discovery Learning yakni pembuktian, pada kegiatan ini peserta didik dibagikan UKBM (Materi Ajar) yang telah disusun menggunakan Canva sehingga lebih menambah minat belajar mereka. Peserta didik melakukan pembuktian materi dari simpulan dan perumusan sederhana yang telah mereka lakukan untuk pembelajaran pada materi tersebut. Kegiatan terakhir yang dilakukan peserta didik pada model pembelajaran ini adalah menarik simpulan. Guru menayangkan hasil kerja peserta didik berupa simpulan materi yang ditayangkan di layar LCD dengan aplikasi Padlet, sementara salah satu peserta didik yang dipilih oleh kelompoknya menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas secara bergantian. 

Berdasarkan sintaks Discovery Learning dan TPACK yang digunakan pada pembelajaran ini, peserta didik menjadi sangat termotivasi dalam belajar dan materi menjadi lebih mudah dipahami dan kegiatan pembelajaran menjadi kekinian, bukan lagi belajar seperti era si guru namun belajar pada era si peserta didik. 


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun