Mohon tunggu...
isti hanifah malika
isti hanifah malika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi PGMI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

dengerin musik

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Ranah 3 Warna

19 Mei 2024   20:40 Diperbarui: 19 Mei 2024   21:36 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Identitas Buku

Judul buku: Ranah 3 Warna

Pengarang: Ahmad Fuadi

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman: 473 Halaman

Tahun Terbit: Januari 2011

Orientasi

Ahmad Fuadi ialah seorang penulis novel, pekerja sosial, dan bekas wartawan dari Indonesia. Beliau dilahirkan di kampung kecil Bayur di tepi Danau Maninjau pada tahun 1972, berdekatan dengan kampung ulama dan sastrawan Buya Hamka. 

Beliau menghabiskan masa kecil dan menuntut ilmu hingga sekolah menengah pertama di Bayur. Selepas tamat sekolah menengah pertama, Ahmad Fuadi merantau ke Pulau Jawa atas permintaan ibunya untuk belajar agama. Ibubapanya adalah guru, ibunya mengajar di Sekolah Rendah manakala ayahnya mengajar di sekolah madrasah.

Novel "Ranah 3 Warna" karya Ahmad Fuadi menceritakan tentang perjalanan hidup seorang pemuda Minang, Alif, yang menimba ilmu di pesantren di Bukit Tinggi. Alif bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan di luar pesantren dan mengejar impian menjadi penulis. Namun, perjalanan hidupnya penuh dengan ranjau, cabaran, dan ujian yang memaksa Alif untuk terus berjuang dan mengharungi segala dugaan. 

Kisah ini memaparkan kehidupan yang penuh warna, perjuangan, persahabatan, serta nilai-nilai kejujuran dan keberanian. "Ranah 3 Warna" merupakan kisah inspiratif tentang keberanian dan tekad untuk mencapai impian walaupun menghadapi pelbagai kesulitan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun