Mohon tunggu...
Istiana Wahyu S
Istiana Wahyu S Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1

7 November 2022   21:01 Diperbarui: 7 November 2022   21:10 328
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam Pendidikan....

Perkenalkan nama saya Istiana Wahyu S, Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SD Negeri Mojodoyong 4 Kedawung, Kabupaten Sragen. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan jurnal dwimingguan modul 1.1.a tentang Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. 

Jurnal ini merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap CGP. Tugas ini dibuat bertujuan untuk merefleksikan semua pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama 2 minggu. Dalam pembuatan jurnal ini saya menggunakan model 1 yaitu 4F(Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P.

1. Facts (Peristiwa)

Kegiatan 2 minggu pertama menjadi Calon Guru Penggerak ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia secara online pada tanggal 20 Oktober 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan pengenalan oleh BBGP Jawa Tengah tentang orientasi pengenalan pelaksanaan PGP Angkatan 7 dan pengenalan LMS (Learning Management System). 

Kegiatan awal dimulai lokakarya orientasi yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2022 bertempat di SMP Negeri 1 Sragen. Lokakarya orientasi ini dibuka oleh Bapak Suwardi, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen. 

Dalam kegiatan ini, kami dipertemukan dengan para CGP dan PP Angkatan 7. Lokakarya orientasi bertujuan untuk : (1) mengenal bagaimana ekosistem belajar di program guru penggerak, (2) memahami alur, peran tim pendukung dan kompetensi lulusan program guru penggerak, (3) mengetahui posisi diri pada kompetensi sebagai guru penggerak, (4) pengenalan bagaimana membuat portofolio digital dan memahami pentingnya membuat portofolio digital sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.

Kegiatan CGP Angkatan 7 ini dilanjutkan secara daring menggunakan LMS. Dalam kegiatan ini dimulai dengan kegiatan yang disingkat dengan MERDEKA yaitu : (1) Mulai dari diri sendiri yaitu merefleksi pemikiran KHD, (2) Eksplorasi konsep dimana kegiatan ini berdiskusi bersama fasilitator dan CGP lainnya mengenai filosofi KHD melalui google meet, (3) Ruang kolaborasi yaitu diskusi dengan teman-teman sesame CGP mengenai filosfi KHD dan penerapannya di sekolah,

(4) Demonstrasi kontektual yaitu membuat video berisi penjabaran pemikiran KHD, (5) Elaborasi pemahaman bersama instruktur yang pada kesempatan kali ini Bersama ibu Dwi Setyowati Hilga melalui Gmeet, (6) Koneksi antar materi yaitu membuat kesimpulan dan refleksi modul 1.1 tentang pemikiran KHD dalam bentuk artikel ataupun video, dan (7) Aksi nyata yang artinya mengimplementasikan pengetahuan di modul 1.1 ini dalam pembelajaran di sekolah.

2. Feelings (Perasaan)

Selama 2 minggu berjalan ini saya merasa bagaikan roller coaster, menegangkan tapi juga menyenangkan. Menegangkan karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan dalam LMS, dan juga jadwal Gmeet yang intens. Senang karena vertemu dengan para guru-guru yang hebat yang tentunya dari para guru-guru hebat itulah saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang filosofi KHD. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun