Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... Jurnalis - Journalist | Video Journalist | Content Creator | Content Research | Corporate Communication | Media Monitoring

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://www.kompasiana.com/issonkhairul4358 Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul, https://twitter.com/issonisson, Instagram isson_khairul Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pesan Bencana via Radio, Demi Selamatkan Nyawa

25 Juni 2017   01:57 Diperbarui: 25 Juni 2017   05:35 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Suara adalah nyawa. Sutopo Purwo paham benar akan hal itu. Ia pun menciptakan sandiwara radio. Berkisah tentang asmara di tengah bencana. Tujuannya, agar warga sadar bencana sejak dini.

Siasat bersandiwara ini dilakukan Sutopo Purwo, karena warga seringkali tidak menyadari akan datangnya bencana. Bahkan, banyak sekali warga yang tidak tahu tanda-tanda akan tibanya bencana. Padahal, mereka jelas-jelas bermukim di kawasan rawan bencana. Melalui sandiwara radio, ia berharap, tumbuh kesadaran warga akan bencana. Inilah gerakan #BudayaSadarBencana yang terus dikembangkan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Radio Tumpuan Warga

Untuk mereka yang tinggal di kawasan rawan bencana itulah Sutopo Purwo menciptakan sandiwara radio. Kenapa? Pertama, karena warga yang bermukim di kawasan rawan bencana itu, misalnya di seputar gunung api, sebagian besar memiliki radio. Kedua, siaran radio mampu menjangkau pendengarnya hingga ke pelosok-pelosok, bahkan ke wilayah yang belum tersentuh listrik. Ketiga, siaran radio bisa digunakan untuk menyelamatkan mereka sejak dini, jauh sebelum terjadi bencana.

Nah, dengan beberapa pertimbangan di atas, Sutopo Purwo mengemas pesan bencana dalam wujud sandiwara radio. Untuk itu, ia menjalin kerjasama dengan pihak yang sudah handal di bidang sandiwara radio. Antara lain, dengan Haryoko sebagai Sutradara dan dengan Ferry Fadli sebagai pemain. Tujuannya, sebagaimana dituturkan Sutopo Purwo, agar pesan bencana tersebut menarik serta benar-benar bisa dipahami warga yang bersangkutan.

Sandiwara radio Asmara di Tengah Bencana seri kedua. Diharapkan seri kedua ini mampu menjangkau lebih banyak pendengar dibandingkan seri pertama. Dan, mampu pula menggerakkan partisipasi warga, agar risiko bencana bisa diminimalkan. Foto: isson khairul
Sandiwara radio Asmara di Tengah Bencana seri kedua. Diharapkan seri kedua ini mampu menjangkau lebih banyak pendengar dibandingkan seri pertama. Dan, mampu pula menggerakkan partisipasi warga, agar risiko bencana bisa diminimalkan. Foto: isson khairul
Sandiwara radio Asmara di Tengah Bencana ini mulai disiarkan pada 7 Juli 2017. Jangkauannya sangat luas, karena BNPB bekerja sama dengan 80 stasiun radio: 60 stasiun radio swasta dan 20 radio komunitas. Ke-80 stasiun radio tersebut tersebar di 20 provinsi. Kita patut mengapresiasi langkah strategis BNPB ini. Dipilihnya format sandiwara radio, menunjukkan kepada kita bahwa BNPB tidak mengabarkan tentang bencana dengan cara menakut-nakuti warga. Tapi, secara kreatif dan menghibur, BNPB mengajak warga untuk sadar bencana. Menumbuhkan #BudayaSadarBencana sejak dini melalui hiburan.

Radio Penyambung Hidup    

Kita tahu, pada saat terjadi bencana, misalnya, gempa bumi atau gunung meletus, seringkali perangkat komunikasi tidak berfungsi. Akibatnya, informasi terkini tentang situasi dan kondisi bencana, tidak bisa disampaikan kepada warga. Padahal, info tersebut penting diketahui warga, sebagai panduan warga untuk menyelamatkan diri. Dengan demikian, jumlah warga yang menjadi korban bisa diminimalkan. Bahkan bisa diusahakan agar tidak sampai jatuh korban, jika info tentang bencana sudah diketahui warga sejak dini.

Karena itulah Willem Rampangilei, Kepala BNPB, memilih radio sebagai media penyalur informasi bencana. Pertimbangannya, sebagaimana dituturkan Willem Rampangilei, karena radio sangat efektif memberikan informasi kepada masyarakat yang terdampak bencana, ketika alat komunikasi lain tidak berfungsi. "Radio dapat digunakan sebagai penyambung hidup atau lifeline, ketika krisis dan saat bencana terjadi," ujar Willem Rampangilei di Graha BNPB, Jakarta Timur, pada Selasa (6/6/2017) lalu.

Willem Rampangilei, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terus gencar menumbuhkan #BudayaSadarBencana sejak dini melalui radio. Ini bagian dari upaya untuk menggalang kesadaran serta partisipasi warga menghadapi bencana. Foto: isson khairul
Willem Rampangilei, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terus gencar menumbuhkan #BudayaSadarBencana sejak dini melalui radio. Ini bagian dari upaya untuk menggalang kesadaran serta partisipasi warga menghadapi bencana. Foto: isson khairul
Pemahaman tentang efektivitas radio untuk komunikasi bencana, sebagaimana dikemukakan Willem Rampangilei dan Sutopo Purwo Nugroho, tentulah berkat pengalaman BNPB menangani bencana selama bertahun-tahun. Awalnya, lembaga ini bernama Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi, yang dibentuk dengan Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2001. Kemudian, pada tahun 2008, lembaga ini berganti nama menjadi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (disingkat BNPB), dengan cakupan yang lebih luas.

Didengar 43 Juta Warga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun