Saya selalu berusaha tampil sebagai anak muda. Ini kata kunci dari Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA). Ini pulalah spirit yang membuat BCA senantiasa leading di industri perbankan: update sesuai era serta tiada henti berinovasi.
Kenapa anak muda? Jahja Setiaatmadja yakin, anak muda adalah sumber inspirasi, sekaligus lokomotif inovasi. Karena itulah, BCA senantiasa bersama anak muda. Pada Rabu (1/6/2016) kemarin, misalnya, Jahja Setiaatmadja berkumpul dengan 100 lebih anak muda. Mereka, antara lain, mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Bina Nusantara (Binus). Dengan sejumlah celetukan khas anak muda, Jahja Setiaatmadja nyaris tidak berjarak dengan mereka. Ia tampil dengan kaos kombinasi merah-hitam, casual banget. Kumpul-kumpul dengan anak muda itu berlangsung di Kantor Pusat BCA, Jl. MH. Thamrin No. 1, Jakarta Pusat.
Inspirasi Sekaligus Strategi
Karena ngumpul dengan anak muda, space di lantai 22 itu pun di-setting layaknya sebuah cafe, yang dinamai kafe BCA. Suasananya santai, sesekali bercanda, tapi penuh dengan inspirasi. Romi Satrio Wahono, peneliti dan technopreneur, pada kesempatan itu berbagi cerita tentang pentingnya ide. “Secara teknik, WhatsApp itu tidak canggih-canggih amat. Banyak developer kita yang mampu mengerjakannya. Yang canggih adalah idenya, ide menciptakan WhatsApp tersebut,” ujar Romi Satrio Wahono memberi contoh.
Kita tahu, pada Rabu (19/2/2014), Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan nilai yang sangat fantastis, 19 miliar dollar AS, setara Rp 223 triliun. WhatsApp tersebut dijadikan contoh oleh Romi Satrio Wahono, untuk menggambarkan, bahwa kemampuan teknik dengan kemampuan untuk menciptakan ide adalah dua hal yang berbeda. Dalam konteks inovasi, ide tentulah memegang peranan yang lebih penting, dibandingkan dengan aspek teknis. Untuk melahirkan ide, dalam hal ini ide yang relevan dengan industri perbankan, Bank Central Asia (BCA) mendukung sejumlah anak muda dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta.
Merangkul Sekaligus Membina
Menurut Hermawan Thendean, ini adalah salah satu cara yang ditempuh BCA untuk merangkul sekaligus membina anak-anak muda. Bagaimanapun juga, generasi muda sekarang adalah generasi digital, yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital. Sebagai institusi yang bergerak di bidang perbankan, BCA mengarahkan anak-anak muda, agar mereka tidak hanya terbatas sebagai pengguna, tapi dimotivasi agar menjadi generasi pencipta. Khususnya, di bidang Information Technology (IT) perbankan.
Dalam kesempatan ngumpul di Kafe BCA, pada Rabu (1/6/2016) kemarin, Romi Satrio Wahono mengingatkan pentingnya aspek solusi. Artinya, tiap kali muncul ide, coba pertanyakan: solusi apa yang ditimbulkan oleh ide tersebut? Kemudian, seluas apa skala solusi yang dimaksud? Dua jawaban atas kedua pertanyaan di atas, bisa menjadi indikator untuk mengukur, seberapa besar nilai dari ide yang dimaksud. Nilai di sini bisa berarti nilai jual, bisa juga merupakan nilai manfaat dari ide tersebut, setelah diwujudkan.
Atmosfir Suatu Ide