Mohon tunggu...
Issa Lailatul Anggraini
Issa Lailatul Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Pembelajaran pada Theory Jarome Bruner dalam Pendidikan Islam

29 Oktober 2023   15:31 Diperbarui: 29 Oktober 2023   15:32 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penyebab  pembelajaran  terasa  membosakan  karena  kurang  menariknya  pembelajaran,  Pembelajaran  menarik  karena  adanya    rasa  ketertarikan  pada  mata  pelajaran  tersebut.  Misalnya  pembelajaran  pendidikan  Islam  pada  Sekolah  Dasar  bagaiamana  supaya  peserta  didik  dapat  menyukai  dan  memiliki  ketertarikan  terhadap  mata  pelajaran  Pendidikan  Islam,  sebagai  pengajar  memiliki  peran  penting  dalam  menciptakan  suasana  belajar  yang  nyaman,  kemudian  diharapkan  juga  kemampuan  pengajar  pada  memacu  peran  aktif  peserta  didik  pada  proses  belajar  Pendidikan  Islam,  sehingga  pengajar  akan  lebih  mudah  mengarahkan  fungsi  otak  rasional  peserta  didik  secara  optimal,  dan  Jika  berlangsung  secara  baik  maka  otak  intuitif  peserta  didik  akan  bekerja  sampai  membantu  proses  pembelajaran  Pendidikan  Islam  menjadi  lebih  maksimal.  Hasil  belajar  yang  tidak  sesuai  dengan  harapan  atau  tidak  mencapai  tujuan  sebagain  besar  dikarenakan  tidak  adanya  solusi  yang  diberikan  oleh  pengajar  terhadap  permasalahan  pembelajaran  yang  dialami  peserta  didik. kemudian bagaimana Implementasi  pelajaran  Pendidikan  Islam  pada  Sekolah  Dasar  dalam  teori  Jarome  Bruner.

  •  Mulai  dengan  memperkenalkan  kisah-kisah  Al-Quran  yang  sederhana,  seperti  kisah-kisah  para.  gunakan  kitab  cerita,  gambar,  atau  cerita  bergambar  buat  memvisualisasikan  kisah-kisah  ini.  Selanjutnya,  secara  sedikit  demi  sedikit  perkenalkan  kisah-kisah  yang  lebih  kompleks  sesuai  dengan  usia  dan  pemahaman  peserta  didik.  dalam  pembelajaran  ini,  pengajar  dapat  mendorong  peserta  didik  untuk  bertanya,  berdiskusi,  serta  menceritakan  kembali  kisah-kisah  tersebut.
  • Mengajarkan konsep-konsep dasar ibadah seperti shalat, puasa, serta zakat dalam bahasa yang mudah dimengerti. Ajarkan langkah-langkah pelaksanaan ibadah secara bertahap dan ikuti dengan praktik beserta. pengajar bisa berperan sebagai model yang memberikan pedoman (scaffolding) kepada peserta didik. Hal ini membantu membentuk pengalaman belajar yang sesuai menggunakan tahap perkembangan kognitif peserta didik, mengutamakan pemahaman mendalam, serta mendorong partisipasi aktif pada pembelajaran agama.

            Jarome Bruner seorang tokoh  pakar  psikologi  belajar  kognitif  serta  tokoh  perkembangan  kognitif  banyak  melakukan  penelitian  tentang  persepsi  manusia, berfikir,  belajar,  serta motivasi.  berdasarkan  Bruner manusia  menjadi  pemikir, pemproses, serta  pencipta  informasi.  oleh  sebab  itu,  Bruner  memusatkan  perhatian  di  sesuatu  yang  dilakukan  manusia  sesuai  dengan  informasi yang  diterimanya  untuk  mencapai  suatu  pemahaman  yang  bermakna.  Pandangan  Bruner  perihal  belajar  menjadi  proses  perkembangan kognitif  didasarkan  pada  dua  perkiraan yaitu: perolehan  pengetahuan  artinya  proses interaktif  seseorang  dengan  lingkungannya secara aktif akan terjadi perubahan terjadi pada diri  seseorang  dan  lingkungannya,  serta  seorang  mengkonstruksikan pengetahuan  yang dimiliki  dengan menghubungkan  informasi  baru  serta  informasi  yang  diperoleh  sebelumnya  sebagai suatu struktur.  menurut  Bruner,  proses  belajar  bisa  terealisasi  menggunakan  baik  Bila  pengetahuan  dipelajari  melalui  tiga  tahapan  perkembangan  kognitif  peserta  didik  yaitu:  enaktif  (berbasis  tindakan  dan  benda  konkrit),  ikonik  (berbasis  ilustrasi  atau  visualisasi),  serta  simbolik  (berbasis  simbol  abstrak,  bahasa,  matematika,  dan  logika)  peserta  didik  bisa  menyampaikan  ide  gagasan  dalam  bentuk  abstrak yang dipengaruhi  tingkat  perkembangannya. tiga tahapan  perkembangan  kognitif  enaktif,  ikonik,  dan  simbolik  harus  terintegrasi  dan  tidak  bisa  dijelaskan  menjadi  tahapan  yang  terpisah,  bahkan  sampai  pembelajar  dewasa  akan  lebih  produktif  ketika  memperoleh  informasi  baru  dengan  mengikuti  tiga  tahapan  secara  progresif  mulai  dari  tahap  enaktif  ke  ikonik  kemudian  simbolik.  Kemudian  Bruner  juga menyebutkan  bagaimana  peran  guru  dalam  belajar  penemuan  diantaranya: (1) pengajar  menjadi  fasilitator serta tidak  begitu  mengendalikan  proses  pembelajaran;  (2)  guru  harus  pintar  menstimulasi  atau  memunculkan  masalah,  peserta  didik  memecahkan  sendiri  solusinya;  (3)  dan  membimbing  dan  memotivasi  peserta  didik  buat  menemukan  konsep,  menemukan  korelasi  antar  bagian  struktur  materi  serta  menghasilkan  kesimpulan. 

Intruksi-intruksi  yang  dikembangkan  oleh  Jerome  Bruner  yaitu  sebagai  berikut;

  • Konstruktivisme  Sosial:  Bruner  mengemukakan  bahwa  individu  belajar  lebih  baik  melalui  hubungan  sosial.  Proses  pembelajaran  wajib  melibatkan  interaksi  antara  pengajar  dan  peserta  didik  dan  antara  peserta  didik  dengan  sesama  peserta  didik.  Melalui  diskusi,  kerja  sama,  dan  menyebarkan  inspirasi,  peserta  didik  bisa  menciptakan  pemahaman  mereka  sendiri  tentang  materi  pelajaran.
  • Aktif  Belajar:  Bruner  mendorong  pendekatan  belajar  yang  aktif.  ia  beropini  bahwa  peserta  didik  seharusnya  tak  hanya  menjadi  penerima  pasif  informasi,  tetapi  wajib  aktif  terlibat  pada  proses  belajar.  Ini  termasuk  berpikir  kritis,  memecahkan  persoalan,  serta  mengambil  peran  aktif  pada  pembelajaran  mereka.
  • Tahap  Pengembangan  Kognitif:  Bruner  juga  mengenalkan  konsep  "scaffolding"  (scaffolding)  dalam  teori  pembelajarannya.  Scaffolding  mengacu  pada  bantuan  yang  diberikan  oleh  guru  atau  individu  yang  lebih  berpengalaman  pada  peserta  didik  selama  proses  belajar.  bantuan  ini  harus  disesuaikan  dengan  kemampuan  peserta  didik  dan  kemudian  dikurangi  seiring  perkembangan  peserta  didik.
  • Struktur  Kognitif:  Bruner  percaya  bahwa  manusia  memiliki  struktur  kognitif  yang  tidak  sama  pada  setiap  tahap  perkembangan.  oleh  sebab  itu,  instruksi  seharusnya  disesuaikan  dengan  tahap  perkembangan  kognitif  peserta  didik  agar  lebih  efektif.
  • Spiral  Curriculum:  Bruner  mengusulkan  penggunaan  kurikulum  spiral,  yang  berarti  konsep-konsep  dasar  diajarkan  berulang  kali  pada  konteks  yang  semakin  kompleks  seiring  menggunakan  tingkat  perkembangan  peserta  didik.  Hal  ini  memungkinkan  peserta  didik  buat  membentuk  pemahaman  yang  mendalam  serta  relevan  perihal  bahan  ajar.

Sekian semoga bermanfaat....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun