Mohon tunggu...
Isparmo Seo
Isparmo Seo Mohon Tunggu... Pembicara Internet Marketing dan Kosultan SEO -

Pembicara Internet Marketing dan Konsultan SEO untuk pelatihan, seminar, workshop Internet Marketing dan SEO

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Gratis Berjualan di Facebook

20 Februari 2014   21:22 Diperbarui: 29 Oktober 2016   12:16 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Data pengguna Facebook di Indonesia

Facebook menjadi salah satu social media yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Menurut data dari Internetworldstats.com tertanggal 31 Desember 2012, jumlah pengguna Facebook di Indonesia adalah 51 juta user, sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 55 juta user. Ini artinya hampir semua pengguna Internet di Indonesia menggunakan Facebook. Tentu saja ini adalah angka yang fantastis sebagai potensi pasar nasional yang harus dimanfaatkan untuk jualan apa saja, yang penting halal.

Ada beberapa cara berjualan di Facebook yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Beberapa caranya adalah :

1. Berjualan Menggunakan Facebook Profile (Gratis) Saat pertama kali user mendaftar di Facebook, maka user akan mendapatkan Facebook Profile. Cirinya adalah adanya tombol Add Friend.

Facebook Profile ini bisa untuk digunakan untuk berjualan karena setiapFriends kita akan melihat setiap Update yang kita buat di Wall. Agar mudah dikenal, pada nama User gunakan keyword jualan, tapi tetap ada nama asli kita. Ini untuk mencegah Friend tidak menerima permintaan (request) pertemanan, teman yang sudah kita kenal di dunia nyata juga tidak mengenali kita. Saat melakukan update, hindari melakukan promo terlelu sering dan berupa promo hard selling (isinya hanya berupa promo jualan saja), tapi gunakanlah strategi promo soft selling (update berupa status yang bermanfaat, baru kemudian di bagian bawah berupa iklan jualan). Hal ini untuk menghindari terjadinya Block atau UnFriend.

Kelemahan jualan menggunakan Facebook Profile adalah : bagi konsumen yang tidak memiliki akun Facebook, maka tidak bisa melihat isi dari Facebook Profile kita. Yang nampak hanyalah header atau tampilan judul saja. Cara mengatasi kelemahan ini, gunakan foto profile yang ada keterangan/informasi produk dan kontak, minimal no telp / hp. Kelemahana yang lain adalah, jika di search di Google, hasil pencariannnya tidak ada keterangan yang informatif, berupa deskripsi atau informasi kontak.

2. Berjualan Menggunakan Fan Page Facebook (Gratis) Strategi inilah yang lebih tepat untuk berjualan jika dibandingkan menggunakan Facebook Profile, sebab dengan menggunakan Fanpage Facebook ini, kita seperti menggunakan sebuah Website. Ciri dari Fanpage adalah adanya tombol LIKE / SUKA.

3. Berjualan Menggunakan Iklan Facebook (Facebook Ads berbayar)

Hal ini akan dibahas pada lain posting atau artikel. So, tetap pantau blog ini pembicara internet marketing, kursus seo dan konsultan seo ini. 

Semoga bermanfaat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun