Mohon tunggu...
isna nurul
isna nurul Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi

Asal Bandung

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

J&T Solusi Cepat Antar Barang

21 Desember 2019   19:54 Diperbarui: 21 Desember 2019   19:51 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tak banyak yang tahu ternyata JNT singkatan dari Jet Lee N Tony Chen. Setahu saya, perusahaan ini belum ada 5 tahun, tapi pelayanannya lebih canggih dibanding competitor yang usianya jauh lebih tua. Buat para OS yang udah pernah pakai jnt, pasti udah lebih tahu gimana keunggulannya.

Dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, JNT telah mengambil peran sangat penting dalam membantu pengantaran barang pada transaksi jual beli online. Terutama, dalam hal cara shipping dan jasanya. JNT sebagai salah satu industri logistik di tanah air, telah tumbuh signifikan pada 2018 dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, berkat perkembangan e-commerce. Tentu, jasa logistik ini perlu melakukan berbagai upaya perubahan dalam bisnisnya agar bisa beradaptasi dengan perkembangan digital ini.

Beberapa masukan seperti klaim barang hilang atau rusak juga sudah diperbaiki dan bisa langsung akses ke supervisor, kalau perlu langsung ke manajer area. Ini layanan hebat!
Pengalaman sama kurir sebelah, mau ketemu supervisor drop point untuk minta bantuan usung barang waktu kirim aja susahnya bukan main. Orangnya sok seperti orang penting.

Saya tekankan juga bahwa selama ini pengalaman kirim pakai JNT lebih cepat dan belum pernah ada barang rusak. Ini salah satu kelebihan JNT. Ada penekanan tanggung jawab dan menghormati barang shipper. Tidak main lempar aja seperti kurir sebelah rumah.

Layanan pickup (jemput di tempat) akhirnya menjadi senjata yg menghantam pesaingnya. Efeknya sudah mulai terasa dengan menurunnya order kurir lain.
Ini sebenarnya bukan sesuatu yg istimewa. Tapi di tengah persaingan layanan pengiriman akhirnya bisa menjadi layanan andalan yg disukai shipper.
Perlu diketahui bahwa sejalan dengan meningkatnya ecommerce, jasa pengiriman menjadi bisnis yg sangat gurih. Meski akhirnya memasuki kawasan "red ocean" inovasi dan layanan yang baik lah yang bakal dipilih oleh user.

JNT juga telah menjadi patner Shopee untuk pengiriman barang. Saat ini rekor order dr Shopee saja telah mencapai 1.400 pack sehari !
Selain itu juga menggandeng Tokopedia dan Bukalapak.
Apakah marketplace itu yang meminta?
Bukan!
Itu adalah usaha JNT untuk mendekati dan membangun kepercayaan dengan para shipper di sana.

Diakui atau tidak, inovasi JNT patut diacungi jempol. Juga sudah terbukti mengenai kecepatan kirim dan keamanan barangya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun