Purworejo - Di sela hamparan alam yang masih asri dan tersembunyi, Curug Silangit terus mengalir dan memanjakan mata di sudut Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Keindahan alam air terjun ini belum banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan, menjadikannya sebuah surga tersembunyi yang menunggu untuk dieksplorasi. Melalui inisiatif Mahasiswa MBKM Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, potensi besar Curug Silangit mulai dioptimalkan dan dikembangkan.
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai sebuah program dari Kemendikbudristek Republik Indonesia untuk mendorong mahasiswa agar dapat terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan diri di luar kelas, seperti kegiatan sosial dalam program KKN dan/atau magang. Terdapat 5 orang mahasiswa S1 Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang mengikuti program MBKM Magang/Praktik Kerja sekaligus program KKN di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Suminah, M.Si. Tim MBKM PKP FP UNS bekerja sama dengan PT. Intrafood Singabera Indonesia serta didukung penuh oleh Desa Jatirejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo sebagai desa mitra PT. Intrafood Singabera Indonesia.
Salah satu kegiatan dalam program yang dijalankan tim MBKM PKP FP UNS adalah kegiatan branding wisata Curug Silangit di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini digadang-gadang dapat menjadi potensi untuk meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat desa. Kegiatan dijalankan dengan kunjungan oleh mahasiswa Tim MBKM PKP FP UNS ke Curug Silangit kemudian melakukan pengambilan konten foto dan video sebagai upaya branding wisata desa. Konten video diunggah melalui platform instagram @mbkm_intrafood agar dapat menjangkau khalayak luas. Konten diunggah dalam bentuk reel dengan caption yang menarik dan bersifat persuasif. Penambahan tagar yang relevan dan penandaan akun kabupaten setempat dilakukan untuk memperluas jangkauan. Tujuan dari branding ini adalah untuk membangun citra positif Desa Jatirejo sebab memiliki kekayaan alam yang dapat dikenal dan dinikmati.Â
Realisasi kegiatan ini telah memenuhi CPMK Program KKN dimana mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah berupa masyarakat masih belum terlalu aware untuk mengenalkan kekayaan alamnya. Untuk itu, dirancanglah program dalam bentuk branding destinasi wisata Curug Silangit. Wisatawan dapat menikmati keindahan dan mengabadikan momen di Curug Silangit sekaligus dapat menikmati hasil komoditas buah seperti durian, duku, kokosan, dan manggis sesuai musim buah masing-masing yang diperjualbelikan di pengepul. Wisatawan dan pengepul dimungkinkan dapat menyepakati kerjasama sebagai distributor buah disebabkan kualitas buah yang dihasilkan bermutu tinggi. Harapan lain berupa review dan promosi dari para wisatawan yang sudah berkunjung sehingga dapat mencapai tujuan branding yang menjangkau khalayak untuk meningkatkan kapasitas wisatawan sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Kegiatan ini direalisasikan dengan catatan tetap memperhatikan norma dan etika yang ada serta terus memperhatikan konservasi Curug Silangit agar tetap lestari baik bagi wisatawan maupun warga desa setempat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H