Kegiatan Pengabdian kepada Mayyarakat (PkM), ini dilakukan di lab komputer sekolah SMK IPTEK Tangerang Selatan. Kegiatan Berjalan Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan diikuti oleh Ketua Yasasan, Kepala Sekolah dan bapak/ibu guru serta staff di SMK IPTEK Tangerang Selatan
Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa, kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya sambutan dari ketua panitia PKM ibu Yulita Pujilestari yang dilanjut dengan sambutan dari Kepala Sekolah. Selanjutnya pemaparan materi dari Ibu Yulita Pujilestari selaku pemateri.
Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon yang sangat baik dari kepala sekolah maupun dari bapak/ibu guru di Sekolah SMK IPTEK, mereka menyimak pemaparan materi hingga selesai, dan tentunya memberikan dampak yang positif untuk kemajuan bapak/ibu guru dalam melaksanakan tugas di SMK IPTEK ini.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul "Strategi Peningkatan Kinerja Guru di Era Revolusi Industri 4.0 di SMK IPTEK" berhasil memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Melalui pelatihan teknologi digital, penyusunan kurikulum berbasis industri, penguatan soft skill, dan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, guru mampu mengadaptasi proses pembelajaran sesuai tuntutan Revolusi Industri 4.0.
Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru SMK IPTEK lebih siap mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, menyusun kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja, dan mengelola pembelajaran secara kreatif dan efektif. Program ini juga menumbuhkan kepercayaan diri guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran berbasis digital.
Untuk menjaga keberlanjutan, kegiatan pengembangan kinerja guru ini perlu dilakukan secara berkelanjutan, dengan menyesuaikan program sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan industri. Hal ini penting untuk memastikan mutu pendidikan vokasi tetap unggul dan relevan di era yang terus berubah.
Pengembangan Program Berkelanjutan, Program pelatihan serupa perlu diadakan secara berkala untuk memastikan guru terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan Revolusi Industri 4.0. Pelatihan ini juga harus disesuaikan dengan inovasi terkini di dunia pendidikan dan industri.
Fasilitasi Akses Teknologi, SMK IPTEK perlu meningkatkan akses guru terhadap perangkat teknologi, seperti laptop, koneksi internet yang stabil, dan perangkat pembelajaran berbasis digital untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi secara optimal.
Kolaborasi dengan Dunia Industri, Meningkatkan kerja sama dengan pihak industri untuk memahami kebutuhan keterampilan terkini. Hal ini akan membantu guru dalam menyusun kurikulum yang relevan dan berbasis kompetensi.
Peningkatan Kompetensi Sertifikasi Guru, Mendorong guru untuk mengikuti program sertifikasi profesional di bidang teknologi atau kejuruan yang relevan agar memiliki pengakuan formal atas keterampilan mereka.
Penguatan Jejaring dan Komunitas Guru, Membentuk komunitas guru berbasis digital untuk berbagi pengalaman, sumber belajar, dan inovasi pembelajaran. Kolaborasi antar-guru dapat mempercepat adopsi teknologi dan meningkatkan kualitas pengajaran.
Evaluasi dan Monitoring Program, Mengadakan evaluasi rutin terhadap dampak program pelatihan terhadap kinerja guru dan pembelajaran siswa. Hasil evaluasi dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki dan mengembangkan program di masa depan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI