Mohon tunggu...
Isnaini Azizah
Isnaini Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penalaran Logika Induktif - Manajemen Dakwah 3A

2 November 2023   10:22 Diperbarui: 2 November 2023   11:15 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Induktif : di jawa timur tepatnya di kota lumajang terdapat pondok pesantren terbesar, di pondok tersebut terdapat beberapa lembaga yaitu SMK, MA, MI, MTS, dan juga terdapat kampus terbesar se-lumajang. Saya salah satu santriwati di pondok pesantren kyai syarifuddin, asrama saya di khadijah termasuk asrama pusat yang di asuh oleh kyai sulahak syarif dan ibu nyai maqtuatis surroh. 

Saya menjadi santri sejak mts, sampai saat ini saya masih berada di pondok pesantren kyai syarifuddin. Saya melanjutkan kuliah di institute agama islam syarifuddin, fakultas dakwah jurusan manajemen dakwah. 

Lumajang termasuk kota yang terkenal dengan kota pisang. Tak heran jika banyak sekali pohon pisang. Sejak dulu hingga saat ini saya mempunyai banyak teman, saya bisa mengenal teman dari luar jawa.

Teman saya tak juga dari jurusan yang sama. Dikampus institut agama islam juga menerima mahasiswa dari luar baik itu dari luar pondok, ataupun pondok lainnya. Karna pondok syarifuddin memiliki banyak saudara yang berhuungan dengan keluarga dalem. 

Mahasiswa IAIS Syarifuddin bebas mau menetap di asrama ataupun dari rumahnya. Sebagian ada yang dari rumah dan ada juga yang di asrama pondok syarifuddin. 

Saya jadi memiliki teman dari luar, sehingga memudahkan jika ada informasi tentang kuliah. Saat ini mahasiswa IAIS Syarifuddin sedang melaksanakan UTS. mahasiswa IAIS Syarifuddin memakai jas almamater ketika kampus IAIS Syarifuddin melaksanakan UTS, mereka memakai jas almamater kampus. 

Terdapat beberapa mahasiswa yang memakainya. Jika tidak memakai tidak boleh mengikuti UAS. Fatimah mahasiswa yang mengikuti UAS dikampus. 

Fatimah memakai jas almamater. Jadi, seluruh mahasiswa kampus IAIS Syarifuddin memakai jas almamater ketika UAS dilaksanakan.  Seorang mahasiswa kuliah di kampus IAIS Syarifuddin, mereka mengambil jurusannya masing-masing. 

Jurusan yang paling diminati mahasiswa IAIS Syarifuddin ialah PAI, sehingga kelas putra dan putri dibedakan. Dikampus IAIS Syarifuddin juga ada beberapa UKM, mahasiswa IAIS Syarifuddin juga mengikuti UKM tersebut. Teman saya sholichatun nisyak mahasiswa IAIS Syarifuddin, mengambil jurusan manajemen dakwah, nurul handana juga mengambil jurusan manajemen dakwah. Saya mahasiswa IAIS Syarifuddin dan juga mengambil jurusan manajemen dakwah. 

Jadi, kami teman yang sama mengambil jurusan dan berjuang bersama. Sekarang saya sedang melakukan UTS, lailatul hidayah jurusan PAI juga melakukan UTS, karna kami mahasiswa IAIS Syarifuddin. Jadi, dikampus IAIS Syarifuddin sekarang sedang melakukan UTS. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun