Mohon tunggu...
Isnaeni
Isnaeni Mohon Tunggu... Guru - Belajar dengan menulis.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengamati Potensi Wisata dan Partisipasi Warga

3 Agustus 2024   02:48 Diperbarui: 3 Agustus 2024   02:52 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Beberapa tahun yang lampau saya pernah berkunjung ke pangandaran, bagi saya kota/desa di pangandaran sangat berkesan dan menimbulkan kecumburuan bagaimana sebuah desa dikelola menjadi daerah wisata. Kesadaran wisata masyarakatnya sangat menarik untuk di kenang walaupun selintas. 

Kerja sama antar pemerintah dan masyarakatnya terlihat dengan baik menurut pandangan saya yang baru dua kali ke sana.

Kesan yang sangat baik itu saya rasakan ketika pertama datang, kita sudah disediakan tempat tinggal yang memadai walaupun bukan hotel yang megah. Letak penginapan yang dekat ke pantai memungkinkan saya dapat bolak balik menuju pantai dan menikmati suasana pantai kapan saja. 

Demikian pula dengan akses untuk makan, saya bisa menikmati beraneka ragam makanan terutama makanan khas laut yang tersedia di mana saja. 

Keramahan pedagang dan sikap mereka yang tidak menindas pengunjung patut diacungi jempol. Mereka menawarkan barang sewajarnya saja tanpa membuat tidak nyaman pengunjung dan tidak memaksa. 

Dagangan yang tersedia beraneka ragam menampakkan kreatifitas penduduk lokal yang kreatif dan inovatif. Produk hiasan khas penduduk pantai dan juga barang dagangan khas penduduk sekitar tertata rapih di toko-toko yang kelihatan belakangan ini di tata dengan baik tidak terlalu dekat pantai.

Sebagai pengunjung, saya merasakan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah setempat dengan warga. Warga terlihat menikmati usaha yang mereka lakukan. Tulisan desa wisata dan praktiknya yang terlihat memperlihatkan koordinasi yang baik yang belum tentu saya lihat di daerah saya atau tempat yang sebelumnya saya kunjungi. 

Saya memang berharap ada koordinasi di desa dan kesadaran tentang desa wisata ini di daerah saya. Kesan yang saya dapatkan sepertinya semua berjalan sendiri-sendiri dan tidak konsisten.

Saya melihat perkembangan desa wisata di daerah saya sangat pesat. Hal itu terlihat dengan berbagai tempat wisata dibangun baik oleh pengusaha luar daerah maupun warga lokal. Saya berpendapat bahwa wisata adalah kebutuhan setiap orang walaupun tidak harus setiap hari berkunjung ke tempat wisata. 

Minimal ada waktu setiap akhir pekan untuk melihat-lihat atau berkunjung ke tempat yang berbeda untuk melepas penat setelah bekerja.

Masyarakat lokal juga melakukan kunjungan ke tempat-tempat berenang, tempat bazar/pasar kaget setiap minggu. Bahkan ada yang melakukan tour ke tempat yang agak jauh dari rumah tinggalnya karena tertarik melihat topografi daerah yang berbukit-bukit yang ada di daerah kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun