MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM STRATEGI PEMBELAJARANÂ PADA MATA KULIAH KOMPUTASI: SEBUAH STUDI LITERATUR
Isna Yusra (0305202007)
Mahasiswa Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Email :isnayusra6@gmail.com
Abstrak
Mata kuliah Komputasi merupakan mata kuliah yang terdapat pada kurikulum Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, terkhusus pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pada artikel ini yang akan dibahas yaitu tentang Strategi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Komputasi. Strategi ialah suatu kegiatan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk memperoleh hasil yang telah diatur terlebih dahulu. Suatu pencapaian tidak akan berlangsung dengan baik apabila tidak adanya strategi yang dilakukan. Terdapat beberapa macam macam dari strategi pembelajaran, seperti strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif, strategi pembelajaran afektif, strategi pembelajaran kontekstual, dan lain sebagainya. Pembelajaran merupakan suatu proses atau interaksi antara pengajar dan anak didik yang bertujuan untuk membantu peserta didik supaya bisa belajar dengan baik. Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk mengetahui macam macam dari strategi pembelajaran pada mata kuliah ini. Metode analasis deskriptif dilakukan dengan studi literature yang diterbitkan mulai dari tahun 2011 sampai 2021.
Kata Kunci: Komputasi, Strategi, Pembelajaran, studi literatur, metode
Abstract
Computing courses are subjects contained in the Mathematics Education curriculum at the State Islamic University of North Sumatra, especially at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training. In this article, what will be discussed is about Learning Strategies in Computing Courses. Strategy is an activity carried out by someone to obtain predetermined results. An achievement will not go well if there is no strategy. There are several kinds of learning strategies, such as inquiry learning strategies, expository learning strategies, cooperative learning strategies, affective learning strategies, contextual learning strategies, and so on. Learning is a process or interaction between teachers and students that aims to help students learn well. The purpose of writing the article is to find out the kinds of learning strategies in this course. The descriptive analysis method was carried out with literature studies published from 2011 to 2017.
Keywords: Computing, Strategy, Learning, study literature, method
1.PENDAHULUAN
Belajar ialah suatu proses pergantian yang terdapat pada diri manusia serta berakibat pada kenaikan kuantitas ataupun mutu perilaku/ tingkah laku semacam kenaikan pada pola pikir seorang, kenaikan pengetahuan, kenaikan tutur bahasa dalam berdialog, kenaikan keahlian, kenaikan uraian, kenaikan perilaku ataupun Kerutinan, serta lain sebagainya.
Pada penafsiran di atas yang butuh kita ingat merupakan sesuatu kenaikan kuantitas ataupun mutu perilaku maupun tingkah laku seorang hendak nampak pada dikala bertambahnya keahlian dalam bermacam bidang yang dicoba nya. Hingga dari itu, apabila seorang belum memperoleh sesuatu kuantitas maupun mutu dalam proses belajarnya, bisa dikatakan kalau seorang tersebut belum hadapi yang namanya proses belajar ataupun bisa diucap pula hadapi kegagalan pada sesuatu proses belajar.
Belajar ialah pergantian tingkah laku ataupun penampilan dengan serangkaian aktivitas, misalnya membaca, menulis serta sebagainya dan belajar itu hendak lebih baik bila sang subjek hadapi serta melaksanakan nya. Belajar pula ialah sesuatu proses yang sistematis masing-masing komponennya hendak sangat memastikan keberhasilan anak didik.
Â
Pendidikan merupakan proses dimana pengetahuan diciptakan lewat transformasi pengalaman. Pendidikan pula bisa dimaksud selaku pengaruh dari pengalaman pada sikap. Pendidikan ialah sesuatu upaya yang kita jalani selaku pendidik maupun partisipan didik buat mendapatkan tujuan serta pencapaian belajar cocok dengan apa yang di harapkan. Sesuatu pendidikan yang dicoba dengan benar ataupun sangat hendak bisa mengganti keadaan kitasebagai partisipan belajar, yang dimana pergantian tersebut ialah dari kita yang tidak tau hendak jadi tau, dari kita yang telah tau hendak jadi lebih tau, dari yang awal mulanya berlagak tidak baik jadi lebih baik, dari yang tidak terampil hendak jadi terampil, serta lain sebagainya.
Strategi pendidikan merupakan sesuatu aktivitas yang bertujuan buat menggapai tujuan yang sudah didetetapkan serta dicoba oleh pendidik serta partisipan didik. Strategi pendidikan sudah disusun serta sudah terbuat pada kurikulum perkuliahan. Dalam strategi pendidikan meliputi sebagian perihal semacam tata cara pendidikan, metode ataupun metode yang dicoba oleh pendidik serta partisipan didik dalam suasana ataupun keadaan di kelas baik secara tatap muka langsung maupun diluar kelas yang tidak melaksanakan tatap muka langsung.
Adapun tujuan dari Studi Literatur ini ialah untuk mengetahui apa apa saja strategi pembelajaran pada mata kuliah komputasi, yang merupakan suatu aktivitas melalui melalui kegiatan membaca dan meneliti dari berbagai sumber yang ada. Dalam kegiatan pengumpulan data, kita harus bisa mengumpulkan data data tersebut dari berbagai sumber seperi jurnal, buku, ebook, ataupun artikel lainnya.
Ketika melakukan penelitian seorang peneliti harus memiliki wawasan dan sumber yang luas untuk menunjang hasil dari suatu karya yang diciptakan nya, karena dengan wawasan yang luas maka akan dapat menciptakan suatu karya ilmiah yang berkaitan dengan judul dan objeknya.
Â
2.METODE PENELITIAN
Pada penulisan artikel ini yang digunakan adalah metode deskriptif. Pencarian artikel sebagai bahan bacaan yang akan dijadikan tinjauan dari penulisan artikel ini, bersumber dari situs:
*https://www.misjuli.com/2015/02/macam-macam-strategi-pembelajaran- dan.html
*https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p37-44